15 Kata-Kata Inspirasi Cinta yang Menyentuh Hati


Kata-Kata Inspirasi Cinta - Claudia Grey

Cinta terdiri dari lima huruf yang terangkai sederhana namun mempunyai begitu banyak makna. Ada banyak perasaan yang mampu menggambarkannya, entah itu bahagia, sedih, kecewa, merana, dan lain sebagainya. Namun, apabila Anda bingung ingin mengungkapkan perasaan cinta yang sedang dirasakan dengan kata-kata, lebih baik simak saja kata-kata inspirasi cinta di bawah ini.

Meskipun Anda bisa merasakan cinta dengan nyata, tapi terkadang perasaan tersebut terlalu sulit untuk dijabarkan. Bisa jadi, Anda belum bisa menemukan kata yang tepat, tapi kutipan-kutipan dari tokoh terkenal, novel, atau lirik lagu ini dapat membantu Anda mengungkapkan dengan lebih baik.

Kata-kata inspirasi cinta yang ada dalam artikel ini tidak hanya mengenai hal-hal yang menyangkut kebahagian cinta saja. Tapi, ada juga kutipan tentang mengikhlaskan seseorang yang sudah tidak mencintai Anda lagi. Siapa tahu setelah membacanya, Anda bisa mendapat sedikit pencerahan mengenai kebimbangan yang tengah dihadapi.

Apakah Anda semakin penasaran ingin membaca apa saja kata-kata inspirasi cinta yang tertulis di artikel ini? Kalau begitu, tidak usah basa-basi lagi, langsung saja baca selengkapnya, ya!

Kata-Kata Inspirasi Cinta yang Menyentuh Hati

Kata-Kata Inspirasi Cinta - Claudia Grey

1. Lepas dan Ikhlaskan

Lepaskan daripada memaksakan. Ikhlaskan daripada menyakitkan. Relakan daripada berjuang sendirian. Anonim

Memang benar ungkapan yang mengatakan kalau cinta tidak bisa dipaksakan. Anda tidak bisa memaksa seseorang untuk mencintai Anda. Anda pun tidak bisa menyuruh seseorang yang sudah tidak cinta untuk tetap tinggal. Karena, segala sesuatu yang dipaksa pasti tidak akan berakhir bahagia.

Seperti yang tertulis dalam kata-kata inspirasi cinta sedih di atas, lebih baik Anda melepaskan dan merelakan daripada akan menyakiti diri Anda sendiri dan orang dicintai. Apa mau dikata kalau kenyataannya memang belum berjodoh. Tapi, tidak perlu khawatir karena Anda pasti akan menemukan jodoh di waktu yang tepat.

2. Bukan Mencari Kesempurnaan

Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapa pun. B.J. Habibie

Anda pasti tahu B.J. Habibie, kan? Selain dikenal dengan kecerdasannya, mantan Presiden Indonesia ketiga ini juga dikenal sebagai sosok yang romantis dan setia terhadap mendiang istrinya, Ainun. Bahkan, kisah cinta beliau sampai diangkat ke layar lebar dan menyentuh hati banyak orang yang menontonnya.

Nah, kata-kata inspirasi cinta di atas diambil dari pengalaman B.J. Habibie sendiri. Pelajaran yang diambil dari kutipan tersebut adalah tidak perlu mencari seseorang yang sempurna, tapi carilah orang yang mampu membuat Anda bahagia dan berarti. Bukankan hidup Anda akan terasa lebih sempurna ketika sudah bertemu dengan seseorang yang seperti itu?

3. Jangan Memendam Masalah, tapi Bicarakanlah

 Bersamalah dengan orang yang akan duduk denganmu dan berkata, ‘Ayo perbaiki hubungan kita.’Jangan bersama dengan orang yang kekanak-kanakan dan malah mengacuhkamu saat ada masalah. Anonim

Saat menjalani hubungan, tidak mungkin Anda dan pasangan akan selalu bahagia, kan? Pasti akan ada saatnya Anda berdua akan bertengkar meski karena hal sepele sekalipun. Namun jika terlalu lama dibiarkan, hal-hal sepele tersebut akan menjadi masalah yang besar suatu hari nanti.

Memang, dibutuhkan kesadaran di kedua belah pihak jika menginginkan hubungan yang dijalani akan langgeng. Seperti kata-kata inspirasi cinta bijak dalam hubungan di atas, Anda beruntung jika menemukan seseorang yang mau duduk dan membicarakan permasalahan yang sedang dihadapi daripada membiarkannya berlarut-larut. Namun, tidak melulu pasangan yang berlaku demikian karena Anda pun bisa melakukannya.

4. Cinta Seharusnya Seperti Ini

‘Aku mencintaimu’ artinya adalah aku ada untukmu bukan saat bahagia saja. Aku akan selalu ada di sisimu apa pun yang terjadi. Claudia Grey

Kata “aku mencintaimu” memang mudah untuk diucapkan. Sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkannya dalam tindakan dan hanya mencintai pasangan hanya saat bahagia dan sehat saja. Padahal ketika mencintai seseorang, Anda harus menerima orang tersebut bagaimanapun keadaannya. Apalagi, jika Anda dan pasangan sudah terikat dalam pernikahan.

Bagi Anda yang beragama nasrani pasti sudah tidak asing lagi dengan janji yang diucapkan oleh pasangan setiap kali ada prosesi pemberkatan, kan? Kedua mempelai akan berjanji untuk selalu setia bagaimanapun keadaannya, baik sehat maupun sakit dan dalam untung maupun kemalangan. Nah, hal tersebut baiknya benar-benar dilakukan tidak hanya sebatas ucapan di mulut saja.

5. Relakan Saja

 Bila cinta membuatmu merasa kesepian, maka relakanlah. Anonim

Ketika mempunyai pasangan, idealnya Anda akan merasa bahwa hidup jauh lebih berwarna dan bahagia. Karena Anda sudah menemukan seseorang yang bisa diajak berbagi dalam suka maupun duka. Namun pada kenyataannya, ada pula orang-orang yang kurang beruntung dan malah merasa kesepian saat menjalin kasih.

Apakah Anda pernah merasa demikian atau sedang merasakan hal itu? Sebelum memutuskan untuk melepaskan, ada baiknya Anda membicarakannya dengan pasangan. Namun, jika keadaan tidak kunjung membaik dan Anda semakin merasa kesepian, maka tidak ada hal lain yang bisa Anda lakukan selain melepasnya. Mungkin, orang tersebut bukanlah orang yang tepat untuk Anda.

Baca juga: Kumpulan Kata-Kata Menyesal dan Minta Maaf dari Hati yang Terdalam

Kata-Kata Inspirasi Cinta dari Lagu Romantis

Kata-Kata Inspirasi Cinta - Shawn Mendes

1. Menerima Kamu Apa Adanya

 Saat aku melihat wajahmu, tidak ada satu hal pun yang ingin aku ubah. Karena kamu begitu mengagumkan apa adanya. Bruno Mars, Just The Way You Are

Anda pernah mendengar lagu Just The Way You Are dari Bruno Mars ini, kan? Mungkin sudah, karena lagu yang dirilis pada tahun 2010 ini memang begitu populer dan banyak diputar di stasiun radio maupun TV.  Lantas, apa sebenarnya yang membuatnya didengarkan dan disukai oleh banyak orang?

Selain karena suara Bruno yang enak didengar dan melodi lagunya yang catchy, alasan lainnya adalah karena lirik lagunya yang romantis. Ketika Anda membaca liriknya, Anda bisa melihat bahwa Bruno benar-benar menyukai wanita yang menjadi inspirasi dalam lagunya tersebut. Dia tidak menuntut sang kekasih untuk mengubah dirinya. Tapi, dia begitu menghargai dan mencintai dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dipunyai pasangannya.

2. Menghabiskan Hidup Bersamamu

Apabila besok adalah hari penghakiman terakhir dan aku berdiri di barisan paling depan, dan Tuhan menanyakan padaku apa yang kulakukan selama hidup, jawabanku adalah menghabiskannya bersamamu. Whitney Houston, My Love is Your Love

Saat membaca atau mendengar “hari penghakiman terakhir” mungkin Anda akan dibuat merinding. Tapi, Whitney Houston mampu mengubah hal tersebut sebagai sesuatu yang romantis. Seperti yang bisa Anda baca dari kata-kata inspirasi cinta yang diambil dari lirik lagunya yang berjudul My Love is Your Love.

Mencintai dan dicintai adalah suatu hal yang indah di dunia ini. Apalagi, jika orang tersebut selalu memperlakukan dengan baik sehingga Anda akan selalu merasa bahagia dan nyaman dengannya. Hingga pada saat-saat terakhir pun tidak ada pikiran lain yang terlintas di pikiran Anda selain dirinya.

3. Bukan Menjadi Batasan

Setiap orang mempunyai luka, tapi kamu tetap bisa mencintainya. Fifth Harmony, No Way

Menurut Anda, kriteria seperti apa yang membuat orang layak untuk dicintai? Apakah itu karena fisiknya, kepribadiannya, atau perilakunya? Bisa jadi Anda begitu beruntung karena menemukan seseorang yang memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Namun, apa Anda yakin ‘kesempurnaan’ yang dimilikinya itu didapat tanpa melalui banyak masalah atau luka yang membuatnya lebih baik dalam menjalani hidup?

Setiap orang pasti mempunyai masa lalu yang mungkin memalukan atau tidak bisa termaafkan. Akan tetapi, setiap orang juga berhak mendapatkan kesempatan kedua untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik, kan? Nah, Tidak perlu ragu untuk mencintai orang yang seperti itu karena Anda tetap bisa mencintainya meskipun dia pernah terluka.

4. Selalu Bersamamu

Ambil sebagian hatiku dan jadikanlah milikmu. Sehingga ketika kita terpisah, kamu tidak akan merasa sendirian. Shawn Mendes, Never Be Alone

Salah satu ujian dalam menjalin cinta adalah ketika terpisahkan oleh jarak, entah itu karena urusan pekerjaan atau menempuh pendidikan. Jika Anda berada dalam situasi yang demikian, pasti akan melakukan apa pun supaya hubungan tetap terjalin meskipun ribuan kilometer jarak memisahkan kan? Semua itu dilakukan demi membangun masa depan Anda berdua yang lebih baik.

Jarak bisa begitu menyiksa apalagi jika rasa kangen tiba-tiba melanda. Namun, apa boleh buat karena Anda tidak bisa sering-sering bertemu dengan pujaan hati. Nah, Anda bisa sesekali mengirimkan kata-kata indah untuk kekasih seperti yang diambil dari lirik lagu Shawn Mendes di atas untuk mengurangi rasa kangen dan kesepian. Meskipun terpisah jarak, bukan berarti Anda tidak bisa berlaku romantis, kan?

5. Mencoba yang Kubisa

Aku mungkin tidak pandai dalam urusan cinta, tapi jangan salahkan aku karena mencobanya. Halsey, Bad at Love

Memang, tidak semua orang pandai dalam urusan cinta. Ada orang yang begitu pandai merangkai kata-kata romantis. Tapi, ada pula yang tak bisa berkata-kata tapi langsung mewujudkannya dalam tindakan. Dari kedua tipe tersebut, Anda termasuk yang mana?

Apa pun tipenya, Anda tentu sudah berusaha yang terbaik untuk menyenangkan hati pasangan, kan? Mungkin terkadang Anda akan merasa sangat buruk dalam hal tersebut, tapi Anda tidak perlu merasa bersalah karena pasangan Anda pasti tahu Anda sudah berusaha semampu yang Anda bisa.

Baca Juga: Kata-Kata Gombal buat Pacar yang Bisa Anda Kirimkan untuk Menambah Kemesraan

Kata-Kata Inspirasi Cinta dari Novel Populer

Kata-Kata Inspirasi Cinta - Joan Powers

1. Kamulah Alasanku

Kamu adalah satu-satunya alasan mengapa aku ingin bangun di pagi hari. Jojo Moyes, Me Before You

Me Before You adalah salah satu novel romantis karangan Jojo Moyes yang begitu populer. Saking populernya, novel ini bahkan sudah diangkat ke layar lebar dengan dibintangi oleh Emilia Clarke dan Sam Claffin. Apakah Anda sudah pernah membaca novel atau menonton filmnya?

Meski belum pernah, tapi Anda mungkin sudah pernah merasakan hal dalam kata-kata inspirasi cinta di atas yang diambil dari novel Me Before You ini, kan? Walaupun merasa kurang bersemangat untuk menjalani hari esok, tapi Anda tidak sabar untuk cepat-cepat bangun di pagi hari karena itu artinya bisa bertemu kembali dengan sang kekasih.

2. Tak Perlu Khawatir

Tidak usah terburu-buru, laki-laki yang tepat pasti akan datang. Jane Austen, Pride and Prejudice

Ketika memasuki usia 20-an, salah satu momok yang menakutkan adalah jodoh. Apalagi, jika sudah ditanya oleh orang-orang sekitar kapan akan menikah saat menghadiri acara pernikahan teman atau kerabat. Hal tersebut terutama berlaku bagi para wanita berusia matang yang dianggap sudah mampu untuk membina rumah tangga, tapi belum juga menikah. Namun, jika belum menemukan jodohnya, apa boleh buat?

Jika berada dalam situasi demikian, Anda tidak perlu terburu-buru atau sembarangan memilih pasangan hanya karena Anda dibilang sudah waktunya untuk menikah. Lebih baik sedikit “terlambat” karena mencari pasangan yang tepat daripada menderita seumur hidup menghabiskan waktu dengan orang yang salah, bukan?

3. Carilah Orang Benar-Benar Mencintaimu

Keseimbangan adalah tidak membiarkan orang lain mencintaimu kurang dari kamu mencintai dirimu sendiri, sayang. Elizabeth Gilbert; Eat, Pray, Love 

Membiarkan seseorang masuk dalam kehidupan Anda adalah sebuah perkara yang besar. Dia bisa saja membuat kehidupan Anda menjadi lebih baik atau malah sebaliknya. Maka dari itu, sebisa mungkin pilihlah orang yang mencintai Anda lebih dari Anda mencintai diri sendiri.

Namun, jika hubungan tersebut nyatanya kandas di tengah jalan, tak perlu terlalu menyesalinya. Karena, dia hadir dalam hidup Anda karena dua alasan, yaitu sebagai anugerah atau pelajaran.

4. Tak Mau Hidup Tanpamu

Jika kamu hidup sampai seratus tahun, aku mau hidup seratus tahun kurang sehari sehingga aku tidak harus hidup tanpamu. Joan Powers, Pooh’s Little Instruction Book

Usia manusia memang tidak ada yang bisa memprediksi. Setelah sekian lama melewati berbagai hal dengan seseorang yang dicintai, pasti Anda akan merasa kehilangan jika dia nantinya akan pergi terlebih dahulu meninggalkan Anda.

Tepat seperti kata-kata inspirasi cinta yang mengharukan di atas, saking cintanya, jika seseorang yang dicintainya bisa hidup seratus tahun, dia rela waktunya berkurang sehari supaya dia tidak melewatkan hidup sehari pun tanpa belahan jiwanya. Romantis sekali, ya?

5. Mencintai Ketidaksempurnaanmu

Kamu tidak mencintai seseorang karena dia sempurna. Kamu akan tetap mencintainya meski dengan ketidaksempurnaannya. Jodie Picoult, My Sister’s Keeper

Tidak ada manusia yang sempurna, itulah kodrat manusia. Jika Anda terlalu terpaku mencari seseorang yang sempurna, mungkin Anda tidak akan pernah mendapatkannya. Lagipula, tidak mungkin Anda menuntut seseorang untuk sempurna sedangkan Anda sendiri juga masih jauh dari kesempurnaan, kan?

Maka dari itu, sebaiknya bukan kesempurnaan yang harusnya dicari, tapi orang yang mencintai dan mau menerima segala kekurangan Anda. Bukankah jika menemukan orang yang mencintai Anda tanpa syarat akan membuat hidup Anda terasa sempurna?

Baca juga: Kata-Kata buat Mantan yang Masih Disayang untuk Anda yang Susah Move On

Kata-Kata Inspirasi untuk Kehidupan Cinta Anda

Demikianlah 15 kata-kata inspirasi cinta yang bisa Anda baca di PosBagus. Bagaimana? Apakah ada dari kutipan-kutipan tersebut yang dapat memberipencerahan bagi kehidupan percintaan Anda? Semoga saja iya.

Selain kata-kata inspirasi cinta, ada artikel lain di PosBagus yang tidak kalah menarik, lho. Di antaranya ada kata-kata cinta islami, kata-kata motivasi kerja, dan kata-kata motivasi sukses.

Nah, kalau Anda ingin mengajak libur pasangan, kami mempunyai rekomendasi mengenai tempat-tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi. Atau, jika sedang tidak ingin pergi ke mana-mana, Anda bisa menghabiskan waktu berdua melakukan kegiatan memasak bersama. Karena, resep-resep yang ada di PosBagus mudah untuk dipraktikkan. Selamat membaca!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DON'T MISS