20 Spot Wisata Di Larantuka Flores Timur


Sewa Mobil dan Wisata Indonesia

Dalam Artikel 20 Spot Wisata Di Larantuka Flores Timur yang Popular dan Diburu Para Wisatawan ini. Sengaja kami persembahkan bagi sobat travela yang ingin mengExplore keindahan alam dan budaya ujung timur Indonesia.

Larantuka flores timur dengan deretan kepulauan Lembata, Adonara, Lamakera dan Pulau Alor menyambut dengan keramahan dan kearifan lokal yang tak akan sobat travela temui di daerah nusantara mana pun.

Senyum khas dan sambutan hangat anak-anak flores timur membuat siapa pun yang pernah datang ke sini akan rindu kembali ke Tanah Nagi (sebutan mesra flores timur).

Kearifan lokal Larantuka flores timur

20 Spot Wisata Di Larantuka

Larantuka Flores Timur memiliki sederet spot wisata yang menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara maupun lokal.

Kabupaten di Nusa Tenggara Timur ini memiliki kekayaan alam dan adat istiadat yang masih terjaga dengan baik.

Mutiara Ujung Timur Flores

Mutiara alam timur ini masih terpelihara dengan baik dalam budaya dan kearifan lokal yang tiada bandingnya. Bersatu dalam khas masyarakatnya yang taat dalam religius kasih dan menjaga alam.

Membuat daerah ini menjadi surga ketenangan bagi wisatawan yang mendambakan ke-asrian, sambutan hangat serta ikatan ke-keluargaan yang siapapun tak akan pernah melupakan memorial trip anda di Larantuka flores timur.

Gugusan kepulauan flores timur

Gugusan kepulauan baik besar mauapun pulau kecil memiliki kekayaan alam, laut, adat istiadat, argo wisata, dan surga dunia yang masih terjaga

Termasuk di antaranya 20 spot wisata di Larantuka Flores Timur yang popular berikut ini.

1. Pulau Meko

Kepopuleran Nusa Tenggara Timur tak terlepas dari banyaknya pulau-pulau eksotis di kawasan ini seperti Pulau Alor, Pulau Komodo, Pulau Sumba hingga Maumere.

Salah satu pulau unik yang banyak dilirik wisatawan yakni Pulau Meko.

Meko-Island

Pulau Meko yang terletak di Dusun Meko, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Flores Timur merupakan gundukan pasir putih timbul di tengah laut yang terlihat seperti pulau tak berpenghuni. 

Meko-Island-Anak-anak-Flores-timur

Pulau pasir timbul ini memiliki luas kurang dari satu kilometer persegi. Pasirnya berwarna sedikit pink sehingga terlihat kontras dengan warna air laut yang biru kehijauan.

Berjalan mengelilingi Pulau Meko merupakan sensasi tersendiri karena hampir tak ada ombak dan ketika air laut pasang, pulau pun akan tenggelam. 

2. Pantai Oa

Salah satu pesona alam Flores Timur yang memanjakan mata yakni Pantai Oa yang terletak di Desa Pantai Oa, Wulanggitang, Flores Timur.

Pantai yang terletak sekitar 50 km dari Kota Larantuka ini memiliki hamparan pasir yang bersih dengan warna air laut biru jernih.

Pantai-Oa-Flores spot wisata di larantuka

Keindahan Pantai Oa yang masih alami membuatnya cukup populer di media sosial. 

Selain menikmati keindahan pasir dan ombaknya, pemandangan matahari terbit dan terbenam pun sayang dilewatkan di pantai ini.

Anda bisa menyaksikan kecantikan matahari yang terbit dari antara Pulau Adonara dan Pulau Solor.

Sorenya, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan matahari terbenam di balik Gunung Lewotobi.

3. Semana Santa (Pekan Suci)

Tradisi prosesi Semana Santa di Indonesia hanya bisa disaksikan di Larantuka, Flores Timur.

Tradisi perayaan Paskah ini sudah dilangsungkan selama lebih dari 500 tahun.

Prosesi Semana Santa

Wisata religi prosesi Semana Santa dilangsungkan mulai dari hari Rabu Abu hingga Jumat Agung.

Patung Tuan Ma (Bunda Maria) akan diarak menuju Katedral Renha Rosari Larantuka sambil dinyanyikan lagu dan dinyalakan lilin sepanjang jalan.

Informasi lebih lengkapnya anda bisa baca di “Sejarah Prosesi Semana Santa Pekan Suci Larantuka“

4. Wai Plati

Hampir semua destinasi wisata di Flores Timur masih asli dan alami, termasuk salah satunya Wai Plati Oka.

Spot wisata di larantuka unggulan Flores Timur ini merupakan wisata sumber air panas sekaligus hutan bakau dengan pemandangan pantai nan indah.

Wai Plati terletak di Desa Mokantarak, Larantuka, Flores Timur.

Jarak objek wisata ini dari Kota Larantuka sekitar 11 km atau perjalanan 10-15 menit menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. 

5. Pulau Waibalun

Pulau yang berlokasi di Waibalun, Larantuka ini merupakan salah satu destinasi wisata rohani yang ada di Flores Timur.

Selain sebagai lokasi ziarah rohani, Pulau Waibalun juga menawarkan pemandangan bawah laut yang eksotis.

Wisatawan bisa menyaksikan lomba renang dan dayung tradisional dalam rangkaian Festival Nelayan yang diadakan setiap Paskah Kedua. 

6. Danau Waibelen

Di Riangpuho, Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga, Flores Timur, Anda bisa menemukan danau indah yakni Danau Waibelen.

Danau yang dikenal sebagai Danau Asmara ini hanya berjarak sekitar 1 jam dari Kota Larantuka.

Danau Asmara Larantuka

Bukan hanya pemandangan danau saja yang indah, sepanjang jalan menuju danau Anda akan disuguhi oleh pemandangan perkebunan Jambu Mete (Cashew/Anacardium occidentale), pegunungan yang sejuk dan asri serta pesisir pantai pasir putih. 

7. Taman Doa Bukit Fatima & Salib Yubelium

Destinasi wisata religi merupakan andalan bagi kawasan Larantuka, Flores Timur.

Michael-Angels

Wisata rohani yang Anda lakukan terasa kurang lengkap kalau belum mengunjungi Taman Doa Bukit Fatima dan salib Yubelium di Bukit San Dominggo.

gua-fatima

Lokasi taman doa ini tak jauh dari Istana Keuskupan Larantuka, hanya sektiar 300 meter saja.

Selain Taman Doa Bukit Fatima dan Salib Yubelium, ada pula Taman Doa Gua Maria Bukit Moting yang terletak sekitar 10 kilometer dari Kota Larantuka, tepatnya di Belogili, Desa Balukhering, Lewolema. 

8. Pantai Kawaliwu

Bila Anda berburu pesona matahari terbenam di ujung timur Flores, Pantai kawaliwu merupakan spot yang tepat.

Di pantai ini Anda bisa menyaksikan pemandangan pepohonan kelapa yang tinggi, ombak yang tenang, hamparan pasir hitam dan bebatuan berukuran besar, serta sunset terbaik di spot larantuka.

Di sepanjang bibir pantai terdapat natural hot spring atau air panas alami hingga air laut pantai pun terasa hangat saat anda berendam disini.

Pantai Kawaliwu Spot Wisata Di Larantuka

Menariknya, Anda bisa menyaksikan aktivitas warga yang memanfaatkan air sumur dekat pantai untuk berbagai aktivitas sehari-hari.

Pemandangan khas masyarakat lokal ini bisa disaksikan setiap sore hari. 

9. Pantai Pasir Putih Weri

Pantai pasir Putih Weri merupakan salah satu pantai di Larantuka yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai ini menyuguhkan pemandangan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, pemandangan pegunungan dan Pulau Adonara menjadi latar belakang indah yang bisa disaksikan di tepi pantai.

Demikian pula pemandangan matahari terbit di ujung timur juga tampak spektakuler dilihat dari pantai ini. 

Jadi jangan lewati salah satu spot wisata di larantuka ini sobat.

10. Pantai Watotena

Destinasi wisata populer lainnya yang ada di Flores Timur yakni Pantai Watotena yang terletak di Pulau Adonara Timur.

Pantai yang berlokasi di Desa Nelerereng, Kecamatan Ileboleng ini menyajikan pemandangan hamparan pasir putih dengan gumpalan magma beraneka bentuk yang unik di bibir pantai.

Pantai Watotena

Dari pantai ini, Anda bisa menyaksikan Pulau Lembata dan Solor di kejauhan serta Gunung Ile Boleng sebagai latar belakang Pantai Watotena.

11. Benteng Lohayong

Benteng Lohayong yang awalnya bernama Port Henricus XVII merupakan bagian dari tradisi Semana Santa.

Benteng Lohayong Spot Wisata Di Larantuka

Setiap tahun Benteng Lohayong selalu ramai oleh wisatawan mancanegara maupun peziarah Semana Santa.

Benteng peninggalan bangsa Portugis ini merupakan objek wisata sejarah sekaligus religi karena pernah menjadi saksi sejarah pembunuhan 8 pastor Dominikan oleh penduduk asli.

12. Kampung Tori

Setiap kampung tradisional di Larantuka pasti memiliki tori/kapela atau rumah kecil yang dibangun sebagai tempat ibadah dan pentakhtaan barang-barang kudus.

Umumnya barang-barang kudus ini merupakan peninggalan dari bangsa Portugis. Setiap tori menyimpan barang-barang kudus yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Hal ini menjadikan Kampung Tori sebagai destinasi wisata religi yang wajib Anda kunjungi bila berlibur ke Larantuka.

13. Desa Lamawalang

Desa Lamawalang merupakan salah satu desa budaya di Larantuka yang masih menjaga rumah-rumah adat seperti aslinya.

Di desa ini Anda juga bisa menyaksikan proses penyulingan alcohol secara tradisional, pembuatan tenun ikat dan penampilan tari tradisional Larantuka.

Kalau beruntung wisatawan juga bisa menyaksikan prosesi adat kurban.

14. Pantai Labawain

Pantai Labawain merupakan salah satu pantai terbaik di Flores Timur. Pantai dengan hamparan pasir putih yang membentang sepanjang 200 meter ini menawarkan pemandangan yang memanjakan mata. T

erletak di Desa Lamawai, Solor Barat, Flores Timur, Pantai Labawain bisa menjadi tempat yang ideal untuk bersantai, hunting foto, menyelam, berenang hingga berjemur.

15. Pantai Paihaka

Seperti pantai lainnya di Flores Timur, Pantai Paihaka juga menawarkan pemandangan pantai yang bersih dengan air laut yang jernih.

Pantai ini sangat menarik karena menjadi lokasi penggalian dan penelitian periuk kuno dari tanah dan tulang manusia berusia 2000 tahun oleh arkeolog dari Perancis.

Salah satu spot wisata di larantuka ini hanya berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan dari Larantuka, tepatnya di Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga.

16. Pantai Watohari

Di Desa Watohari, Solor Timur, Anda bisa mengunjungi pantai berpasir putih sepanjang 500 meter yang legendaris, Pantai Watohari namanya.

Di tepi pantai ini terdapat dua batu berwarna hitam yang konon merupakan perwujudan dari dua orang kakak beradik yang muncul dari laut di malam hari.

Kakak beradik tersebut berubah wujud menjadi dua buah batu hitam karena terkejut mendengar suara kokok ayam jantan ketika berjalan menuju daratan.

17. Pantai Deri

Flores Timur merupakan tempat yang pas bila Anda ingin wisata pantai. Nusa Tenggara Timur memiliki sederet objek wisata pantai dengan pemandangan menakjubkan seperti salah satunya Pantai Deri yang berjarak 3 jam perjalanan dari Kota Larantuka.

Panorama pantai yang indah bukan hanya satu hal yang ditawarkan oleh Pantai Deri. Tapi, ada juga wisata budaya Desa Lamahelan, Desa Harubala dan wisata gunung berapi Ile Boleng.

18. Pantai Tanjung Bunga

Pantai spot wisata di larantuka yang satu ini terletak di ujung paling timur Flores Timur atau 2,5 jam perjalanan dari Kota Larantuka.

Di pantai ini Anda bisa berenang, berjemur, menyaksikan matahari tenggelam atau mengunjungi kawasan wisata lainnya yang tak jauh dari pantai.

Beberapa objek wisata yang tak jauh dari Pantai Tanjung Bunga seperti Danau Weibelen, Batu Payung Karang di tengah laut dan Situs Cagar Alam Nopin.

19. Pantai Kahale

Pantai Kahale yang terletak di Tanjung Bunga, Flores Timur menawarkan hamparan pasir putih nan lembut dengan barisan pohon kelapa dan pohon bakau yang eksotis.

Dari pantai Kahale, Anda bisa menyaksikan keindahan Teluk Tanjung Bunga yang memanjakan mata. 

20. Pantai Asam Satu (Asam Satu Beach)

Destinasi wisata lainnya yang termasuk 20 spot wisata di Larantuka Flores Timur yang popular yakni Pantai Asam Satu (Asam Satu Beach) yang terletak di Kelurahan Weri, Larantuka, Flores Timur.

Pantai Asam Satu spot wisata di larantuka

Pantai yang berjarak 1 km dari Bandara Gewayan Tana Larantuka ini menawarkan hamparan pasir putih yang bersih serta fasilitas wisata cukup lengkap.

Sangat cocok sebagai tempat liburan bersama keluarga dan disaat week-end wisatawan lokal sering mengunjungi lokasi ini.

Kesimpulan

Flores timur bisa menjadi alternative dalam list bucket wisata anda tahun ini dengan mengunjungi dan explore spot wisata di larantuka.

Anda harus sekali dalam hidup anda ke surga mutiara flores timur ini dan menikmati keindahaan-nya.

Untuk ke lokasi anda bisa landing/transit di Maumere atau Kupang lalu di lanjuti melalui penerbangan atau jalan darat.

Jika anda membutuhkan accommodation, guide atau sewa mobil di Larantuka anda bisa consult kembali ke kami Go Travela Indonesia.

Demikian semoga artikel ini bermanffat bagi anda dan sampai jumpa di Larantuka flores timur.

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Gotraveladmin | Spot Wisata Di Larantuka

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

DON'T MISS