Bajul Eco Lodge, Akomodasi Terjangkau Persembahan Plataran Menjangan

Itu enggan untuk meninggalkan ranjang empuk Swiss Belhotel Tuban, sebuah hotel bintang empat yang kami tinggali hanya beberapa jam. Kami baru saja tiba di tengah malam dari perjalanan panjang setelah motoran di sekitar beberapa pantai di Lombok. Tubuh masih kelelahan, mata masih terasa berat. Tapi pagi itu kami harus segera pergi ke Plataran Hotel di daerah Canggu. Dari sana, rencananya bagi saya dan beberapa blogger dan influencer untuk melanjutkan perjalanan kami ke Menjangan Plataran bersama. Hari itu kami diundang untuk melihat salah satu akomodasi terbaru mereka, yaitu Bajul Eco Lodge.

Saya sangat lelah, dalam perjalanan ke Bajul Eco Lodge, di Plataran Menjangan saya terus tidur di dalam mobil. Dengan PD-nya aku duduk di samping jatah sopir (yang sedang bekerja) Mba Tania, perwakilan dari Plataran, yang menemani kami saat itu. Maaf Nyonya!

Padahal perjalanan ke Menjaran Plataran melalui rute utara cukup menarik. Di daerah Danau Bedugul saya terbangun. Alih-alih mengambil garis lurus melewati Singaraja, bus tiga perempat yang membawa kami kemudian berbalik ke Munduk. Di sepanjang jalan beraspal dengan pemandangan Danau Tamblingan di sebelah kiri sampai Anda tiba di The View Restaurant.

Kami menghabiskan sore berkabut di Munduk untuk makan siang sambil menikmati pemandangan hijau berkabut dari atas The View Restaurant, salah satu restoran Plataran.

***

Nama Plataran sendiri tentu tidak asing dengan kelompok-kelompok perhotelan di negara ini. Mengusung nama Plataran yang berarti "halaman favorit Dewa" membuat properti Plataran mencerminkan keindahan dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Tidak hanya menjual kemewahan fisik saja, tetapi dikombinasikan dengan keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia membuat Plataran memiliki judul Merek Mewah dari Boutique Hotel and Resorts.

Lihat saja salah satu villa mewah di Plataran Menjangan yang telah kami kunjungi. Harganya per malam mencapai Rp9.000.000.

Pantai Mangrove MenjanganPantai Mangrove MenjanganHutan Mangrove di Menjaran PlataranHutan Mangrove di Menjaran Plataran

Karena alasan ini, Plataran Larmonie Menjangan menghadirkan Bajul Eco Lodge di area yang sama. Tentu saja dengan harga yang sangat terjangkau. Jauh jomplang dengan harga satu kece villa semalam di atas.

Bajul Eco Lodge

Di Bajul Eco Lodge, saya dan beberapa blogger wisata, pembuat Instagram dan YouTuber berada di sebuah rumah panggung bernama Raung. Nama-nama pondok di sini sengaja mengambil inspirasi dari nama-nama gunung terdekat dengan Taman Nasional Bali Barat, seperti Raung, Baluran, Ijen, dan Arjuna.

Bajul Eco Lodge Plataran MenjanganBajul Eco Lodge Plataran MenjanganBajul Eco LodgeBajul Eco Lodge adalah rumah panggung

Masih mengusung konsep eco tourism, satu rumah bangunan (pondok) dibangun seperti rumah panggung kayu yang jamak kita temukan sebagai rumah tradisional di beberapa daerah. Beberapa yang serupa yang saya lihat adalah rumah panggung khas Minahasa.

Bangunan atas terdiri dari 3-4 kamar dengan tempat tidur susun dengan 2 kamar mandi bersama. Sementara di bagian bawah, ini ditujukan untuk kelas premium dengan satu tempat tidur besar dan kamar mandi di dalamnya.

Seperti rumah, ada juga ruang tamu (keluarga) dengan sofa empuk dan TV layar datar besar. Jadi ingatlah dulu kampung halaman nenek saya.

Apa yang kamu lakukan di Menjangan?

Plataran Menjangan, adalah taman pengembangan alam dengan luas 382 ha yang terintegrasi dengan Taman Nasional Bali Barat. Tentu saja ada banyak (banyak bangeeet) kegiatan yang bisa kita lakukan di sini terutama bagi Anda yang menyukai alam. Itu tidak cukup hanya dua malam. Betulkah.

Oke, bang! Jadi apa yang kamu lakukan kemarin 2 malam di Menjangan?

Trekking

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah trekking atau mungkin berjalan santai di lain waktu, ya. Pagi itu di hari kedua, jadwal sarapan harus di The Octagon Beach Club, salah satu restoran Menjaran Plataran yang menghadap ke laut lepas.

Sementara teman-teman lain sudah pergi menggunakan fasilitas kereta, saya memutuskan untuk berjalan menyusuri jalan tanah dan tidak lupa membawa tas kamera. Hitung dan berolahraga di pagi hari dengan udara segar yang kaya akan oksigen dari pohon.

Trekking di Taman Nasional Bali BaratTrekking Pagi di Plataran MenjanganTidak jarang saya mendengar suara kicauan burung di bawah naungan pepohonan. Sesekali saya mengetahui sumber tweet sambil menunjuk kamera saya atau hanya melihatnya bertengger di cabang pohon.

Sambil menikmati kiri dan kanan jalan, saya tahu saya telah tiba di The Octagon.

Untungnya, saya melihat seekor rusa betina dan betisnya ketika saya tiba di The Octagon. Yang asyik di Menjangan Plataran ini memang kita bisa menyaksikan binatang berkeliaran dengan bebas.

Temui rusa di halaman Menjangan PlataranTemui rusa di halaman Menjangan Plataran

Snorkeling

Sekitar 200 meter, tidak jauh dari Octagon, ada dermaga kecil. Dermaga ini digunakan sebagai tempat untuk kegiatan snorkeling. Setiap hari karyawan Plataran Menjangan sudah siap di sana dengan semua peralatan untuk mengakomodasi tamu yang ingin snorkeling.

Jangan berharap Anda melihat karang yang kaya atau ikan yang indah dengan berbagai warna di sini seperti di Togean. Tetapi bagi Anda yang snorkeling untuk pertama kali seperti teman kami Jeje, 1-2 jam snorkeling di sini cukup menyenangkan.

Aktivitas Olahraga Air di Plataran MenjanganDengan air laut yang tenang, Anda juga dapat membuat lokasi ini untuk membuat konten, Anda tahu, seperti yang dilakukan Pandu @backpackertampan

Namun, teluk kecil ini seperti kolam renang besar yang bisa Anda gunakan untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga air selain snorkeling. Seperti kano misalnya. Lanjutkan membaca di bawah ini!

Berkano

Mi, alias Hilmi, alias Jeje, seorang lelaki kurus dengan rambut panjang tergerai menjadi pasangan Kano siang itu. Jeje telah menemaniku dan Fahmi di sekitar Lombok beberapa hari sebelumnya.

Bersama-sama, kami berganti dayung Kano, hanya menyisakan satu pedal dayung. Arusnya cukup untuk membantu kita mengendalikan Kano dengan mudah dan cepat bahkan sampai ke laut lepas. Dari tempat kami berada saat itu, kami bisa melihat The Octagon Ocean Club tampak lebih kecil.

Menyadari bahwa itu sudah jauh dan hari sudah mulai sore, kami akhirnya memutuskan untuk kembali ke dermaga. Kami menyadari, gelombang yang membantu kami sebelumnya, tidak mau & # 39; membantu & # 39; kita pulang. Kita harus melawan arus yang cukup cepat untuk dapat kembali ke dermaga. Otot-otot lengan saya terasa semakin membesar dan berotot setelah kegiatan Kano ini.

Plataran Sea MenjanganDaerah laut yang tenang yang merupakan tempat untuk snorkeling, dan berkano.Fahmi Catper, saya melakukan Kano di Plataran MenjanganFahmi @catperku aktif dalam Canoeing di Menjangan PlataranBajul Eco Lodge, Opsi Akomodasi yang Terjangkau dari Menjaran PlataranBerkano di atas kijang pengadilan

Mengamati burung

Setelah snorkeling dan bermain kano, kami kemudian diundang ke salah satu menara tidak jauh dari The Octagon Beach Club untuk melihat aktivitas burung (mengamati burung) di Plataran.

Sayangnya, sudah terlambat sehingga tidak banyak burung yang bisa kita lihat di menara. Namun, semburat matahari terbenam dan pemandangan dari atas sini cukup bagus sebagai penghiburan.

Kegiatan Mengamati Burung di MenjanganSalah satu kegiatan sore hari adalah pergi ke Menara Pengamatan Burung, melihat burung sambil menonton matahari terbenamnikmati matahari terbenam dari puncak menara pengawas burungnikmati matahari terbenam dari puncak menara pengawas burung
Drone oleh: EAS @backpackerinfoFasilitas Menara Pengamat BurungTampilan drone #DemiKonten oleh EAS @backpackerinfo

Anda harus datang ke sini setiap malam.

Habiskan waktu di The Octagon Ocean Club sambil menikmati matahari terbenam

Setelah pindah, Anda juga dapat menghabiskan waktu di salah satu restoran milik Plataran Menjangan, yaitu The Octagon Ocean Club. Sambil bersantai di kolam renang dengan pemandangan ke laut terbuka hingga sore hari. Jangan mengalihkan pandangan Anda karena sesekali Anda akan melihat kawanan rusa yang berjalan di sepanjang garis pantai.

Nikmati senja di The Octagon Ocean ClubNikmati senja di The Octagon Ocean Club

Bajul Eco Lodge, Opsi Akomodasi yang Terjangkau dari Menjaran Plataran

Masih ada berbagai kegiatan lain yang bisa kita lakukan di daerah Plataran Menjangan ini. Dua malam tidak cukup. Atau, sengaja menyisakan waktu agar Anda dan saya bisa kembali ke sana.

Baca juga: Tempat wisata di Bali yang merekomendasikan rekomendasi (semua instagramable)