Catatan Perjalanan Mendaki Gunung Semeru dan Puncak Mahameru

Kisah perjalanan waktu untuk mendaki Gunung Semeru telah beberapa tahun yang lalu. Saya tidak bisa mencapai Puncak Mahameru meskipun hanya ada beberapa ratus langkah yang tersisa (mungkin). "Anda lebih dekat dari yang Anda kira," kata pembaca yang berkomentar di bawah ini. Meski begitu, kenangan setiap inci dari perjalanannya saya ingat dan membuat kesan di hati saya sampai sekarang. Jadi mau berbagi lagi.

Selamat membaca, teman-teman!

***

Saya kembali ke Malang. Tujuan saya kali ini untuk mengunjungi Malang adalah untuk mendaki Gunung Semeru. Menurut saya, kota apel ini sepertinya menjadi pintu gerbang ke beberapa lokasi menarik yang harus dikunjungi. Terakhir kali dari kota itu, saya memiliki pengalaman yang menyenangkan saat bepergian ke Gunung Bromo dan berjanji untuk kembali. Meskipun aku baru saja menumpang, aku perlahan jatuh cinta dengan kota ini.

Dengan jadwal yang sama pada waktu itu, Kereta Matarmaja yang saya tumpangi tiba di pagi hari di Stasiun Kota Baru, Malang. Setelah mandi, sarapan dan sarapan. Kelompok kami yang terdiri dari 15 orang menyewa angkot dari depan stasiun ke tempat persewaan mobil Hardtop di area pasar Tumpang yang kami pesan sebelumnya.

Baca juga: Sekarang lebih mudah untuk memesan tiket kereta melalui aplikasi KAI Access.

perjalanan ke Gunung SemeruBersiaplah untuk Ranupani Post 1

Ya, dalam beberapa hari ke depan, saya dan teman-teman di komunitas Backpacker Indonesia akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggian Gunung Semeru, yang mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut, cukup membuat jantung saya berdetak kencang ketika saya membayangkan ketinggiannya.

Ini adalah pertama kalinya saya mendaki gunung. Perasaan saya mengamuk. Dalam hati saya terus bertanya, apakah saya bisa naik ke puncak Mahameru? Bahkan seorang senior yang saya ajak bicara di Ranu Kumbolo pernah berkata dengan sinis kepada saya:

"Pernah kamu naik gunung tertinggi langsung di Pulau Jawa hahaha …".

Apakah Anda pikir saya akan tiba di Puncak Mahameru? Baca terus!

Tajuk Menuju Ranupani 1 Gunung Semeru

Waktu perjalanan dari pasar yang tumpang tindih ke pos Ranupani pertama adalah lebih dari 2 jam dengan rute menanjak. Memasuki gerbang pertama, kita akan disuguhi pemandangan indah dari jurang di sebelah kanan, dan Bromo di sebelah kiri. Kami berhenti untuk beristirahat sejenak dan melihat pemandangan di sini.

Gunung Semeru di jalanBromo dalam perjalanan ke Ranupani Post

Perjalanan kami berlanjut lagi dengan jalan yang terus menanjak. Di sisi kiri dan kanan, saya sering melihat ladang penduduk lokal di lereng bukit yang sepertinya ditata sedemikian rupa sehingga terlihat indah. Persis seperti lukisan.

Pada awal Mei 2013, ada banyak kendaraan, sepeda motor, jip dan truk yang mendorong para pendaki ke sana kemari, melewati satu demi satu. Saya baru ingat, ternyata waktu itu adalah akhir pekan yang panjang Kenaikan Yesus Kristus. Pantas.

Sekitar jam 12 siang kelompok kami tiba di Ranupani Post, pos pertama dalam rangkaian pendakian Gunung Semeru. Udara dingin mulai terasa, kabut tipis menutupi beberapa bagian. Ranupani Post terletak di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut.

Di pos ini, setiap pendaki harus terlebih dahulu mendaftar dan melengkapi dokumen persetujuan, fotokopi identitas, daftar periksa peralatan kelompok.

Karena antrian, dokumen baru diproses hingga jam 3 sore.

Pos Ranupani Gunung SemeruSuasana pos Ranupani dipenuhi oleh pendaki

Pendakian Gunung Semeru dimulai

Jam setengah empat sore, kita pengarahan dan berdoalah terlebih dahulu agar semuanya berjalan lancar. Ingatlah untuk pemula, jika Anda sudah merasa lelah maka jangan ragu untuk mengatakannya.

"Seseorang lelah, semua orang harus istirahat". begitu kata seorang teman

Selamat datang, pendaki ke Gunung Semeru.

Pendaki pemula Gunung SemeruBersiaplah untuk mendaki Gunung Semeru

Perkiraan pendakian dari Ranupani Post ke pos Ranu Kumbolo adalah sekitar 5-6 jam. Kita sendiri tidak bertujuan untuk mencapai ini. Berjalan santai sebanyak yang kami bisa, apalagi kebanyakan pendaki pemula. Termasuk saya.

Pendakian pertama yang kami temukan adalah setelah tautan & # 39; Selamat Datang & # 39; gerbang. Kemiringan yang curam sudah cukup untuk membuat kita (pemula) memulai sangat lelah kelelahan.

"BREEEEEAK … BREEEEAKK … !! Mari kita istirahat sebentar", seorang teman saya berteriak.

Butir-butir keringat sebesar jagung membasahi pakaianku. Tiba-tiba saya membayangkan harus melalui medan seperti itu selama 5 jam ke depan.

"Haduuuh mak", pikirku. Namun pendakian harus dilanjutkan.

Dalam dua jam perjalanan kami, kami tetap & # 39; konsisten & # 39; selalu istirahat, istirahat sebentar, jalan kaki istirahat lagi hehe.

Pinggul dan bahu sudah sangat banyak menanggung berat pembawa. Tetapi setelah itu mulai terbiasa, nafas menjadi lebih teratur dan jarak yang ditempuh cukup jauh sebelum istirahat (lagi). Jika saya mengikuti saran teman saya pada waktu itu untuk rajin berolahraga beberapa minggu sebelumnya, setidaknya jogging setiap pagi. Penyesalan selalu terlambat, ya, jika pendaftaran awal nama.

Malam semakin dekat sementara perjalanan kami masih jauh. Kita harus berhati-hati dan waspada jika ada lubang, jalur yang menyempit, akar pohon, dll bisa berbahaya. Ketika saya merasa lelah, saya mendorong diri saya 'bisa .. bisa .. bisa ..' selangkah demi selangkah. Fokus saja pada langkah Anda sendiri dan tidak ingin melihat lampu di sisi lain gunung yang cukup menggoda.

Pada jam 9:30 malam, sudah 5 jam berjalan dan akhirnya kami tiba di Ranu Kumbolo (2400 mdpl).

Di Ranu Kumbolo sudah ada banyak tenda berdiri, dan ternyata ada lebih dekat pendakian cinta di sisi lain. Udara dingin langsung terasa menusuk ke tulang. Beberapa teman langsung mendirikan tenda. Saya tidak membantu tetapi menjadi perusuh karena saya tidak tahu apa-apa tentang tenda, terutama karena saya sudah menggigil kedinginan karena saya akan mengalami hipotermia.

Saya sedang terburu-buru nimbrung dekat api tetangga sebelah untuk mencari kehangatan. Tempat senior berkata dengan sinis.

Ahh .. akhirnya aku bisa istirahat juga. Niat ingin memotret keindahan langit malam Ranu Kumbolo dengan bintang-bintang, saya juga gagal melakukannya.

Kabut, selalu datang pada waktu yang salah.

Suasana pagi di Ranu Kumbolo

Suasana pagi di Ranu Kumbolo benar-benar memikat hati saya saat itu. Langit biru, kabut, dan danau Ranu Kumbolo adalah kombinasi yang pas sambil minum secangkir kopi hangat. Beberapa jam perjalanan dari Ranupani ditambah dengan penantian malam layak untuk saya pertama kali ke Gunung Semeru.

Satu keindahan Gunung Semeru di Danau Ranu Kumbolo adalah seolah-olah menambahkan beberapa batang energi saya. Perjalanan ke depan masih panjang.

Ranu Kumbolo, Gunung SemeruKabut yang mengelilingi Ranu Kumbolopesona Danau Ranu Kumbolo SemeruSuasana pagi di Danau Ranu KumboloDanau Ranu Kumbolo, Gunung SemeruDanau Ranu Kumbolo

Pukul sembilan pagi, kami melanjutkan perjalanan ke Kalimati.

Eits, tetapi sebelum itu, kita harus melalui tautan miring & # 39; & # 39; pertama. Bukit kecil dengan kemiringan yang cukup curam. Sungguh perjuangan yang sungguh-sungguh, sesulit berjuang untuk cinta agama yang berbeda-beda * eaaaa skip.

Setelah itu, hamparan lavender terlihat. Itu adalah pemandangan yang memanjakan mata. Dalam perjalanan sekitar 5 jam ke Kalimati, sesekali kita melihat Gunung Semeru.

Sorot tuanmuPemandangan Gunung Semeru

Intensitas abu vulkanik Gunung Semeru semakin terasa ketika kami tiba di Kalimati yang berada di ketinggian 2.700 mdpl. Setelah mendirikan tenda, kita harus segera beristirahat untuk memulihkan energi.

Menuju ke Puncak Mahameru

Malam yang ditunggu tiba, setelah pengarahan singkat, berdoa dan saling mendoakan, sekitar jam 11 malam kami memulai jalan menuju Arcopodo di ketinggian 2.900 mdpl. Jangan berharap ada lagi trek miring apalagi menuruni bukit, semuanya menanjak. Jalur pendakian Mahameru sekali lagi ramai seperti barisan belanjaan.

Selangkah demi selangkah. Meskipun itu hanya satu langkah sangat berat.

Ternyata kami melakukan kesalahan yang sangat fatal.

Kami tidak membawa cukup air minum. Hanya 2 botol air minum untuk 15 orang? Saya sendiri membawa 1 botol minum kecil dan selesai ketika saya baru saja memulai puncak Mahameru.

Naik sepuluh langkah, istirahat. Ambil beberapa langkah, istirahat. Dan seterusnya. Beberapa teman saya yang lain tidak terlihat, beberapa masih di bawah. Tentu saja saya tidak kesepian karena pendakiannya sangat ramai.

Pendakian gunung SemeruDerasnya pendakian Mahameru

Persediaan air minum sudah habis. Setiap langkah, kami berdua dan teman-teman memandangi rahmat para pendaki yang beristirahat sambil minum air.

"Mas, bisakah kamu berbagi air minum?" Saya bertanya pada salah seorang pendaki yang lewat.

"Maaf, bro, sedikit juga," jawabnya dengan wajah haus juga. Saya merasa tidak enak.

Beberapa memberi & # 39; meminta maaf & # 39 ;. Pada waktu itu saya berharap ada lorong melalui ‘aqua … aqua … aqua … yang haus & # 39 ;.

Hingga mencapai puncak masl, ada & # 39; mas-mas & # 39; yang memiliki karakter yang lebih tua yang sengaja saya cari & # 39 ;. Tepat beberapa langkah di depan saya dan yang paling penting, ada 1,5 LITER AQUA BOTTLE di pinggang, dan botolnya FUUUULL hahaha.

"Aku harus mendapatkannya," pikirku dengan antusias.

Tapi, dia juga tidak berhenti. Bagaimana saya bisa memanggilnya untuk berhenti menungguku? Sampai akhirnya dia beristirahat dan saya hanya beberapa langkah lagi. IYA !!

Ketika mas-mas sedang duduk pada waktu istirahat, saya merasa aneh mengapa dia tidak minum? Hebat juga dia bisa bertahan begitu.

“Mas, bisakah kamu minum air?”, Aku memohon dengan mata berkaca-kaca seperti kucing Garfield ketika sampai di tempatnya.

"Aku bisa, kawan, tapi botol itu terikat di pinggangku, aku juga kesulitan meminumnya," katanya lagi. Oalah … pantesan masih penuh sebelumnya.

Seperti pahlawan, saya memberikan botol minuman kosong.

"Gunakan saja ini, mas!", Sambil memberikan botol minuman kosong.

Gayung bersambut, botol saya terisi penuh. Waaaa … sangat menyenangkan mendapatkan pacar baru #eh.

"Ini, bro, minum saja dulu!", Kataku, menawarkannya terlebih dahulu. Kami seperti pasangan gay.

Tampaknya, perilaku & # 39; saya & # 39; diperhatikan oleh seorang teman saya. ‘Bob, apakah ada minuman? Bisakah saya minta beberapa & # 39 ;. Ya, Men.

Pendakian berlanjut, lelah tidak tahu lagi di mana batasnya. Masih di tengah-tengah Mahameru, kami disuguhi pemandangan spektakuler dari matahari terbit dan hari sudah pagi. Ada juga pertama kali saya melihat lautan awan yang luar biasa indah.

Memang benar orang mengatakan, untuk melihat keindahan yang luar biasa itu, dibutuhkan perjuangan yang luar biasa juga.

fajar menyingsing di puncak tuanmuBeristirahat sejenak sambil menyaksikan matahari terbit.lautan awan di atas mahameru AndaKeindahan lautan awan saat fajarlautan awan di atas mahameru AndaPemandangan lautan awan di Puncak Mahameru. Eh, belum top …gunung semeru virustravelingpergi di Puncak Mahameru. Eh, belum tiba.

Saya Menyerah ke Puncak Mahameru

Ya, akhir dari cerita saya tidak terlalu bagus.

Saya menyerah sebelum tiba di Puncak Mahameru.

Pukul 9 pagi, sudah berjalan selama 10 jam dan belum juga sampai di puncak. Air minum habis dan kepala saya tiba-tiba terasa pusing. Saya merasa sangat lelah.

Saya berbaring di dekat puncak Mahameru. Teman-teman saya mendorong kami untuk melanjutkan. Tetapi pada saat itu saya sudah menyerah. Saya baru saja meninggalkan kamera saya dengan Jacky, sahabat saya untuk mengambil gambar di atas sana.

virustraveling mendaki gunung semeruJacky yang membawa kamera saya ke Puncak Mahameru.puncak Gunung Semeru mahameruPemandangan yang ditunggu-tunggu di Puncak Mahameru

Pada saat itu saya merasa itu adalah batas kemampuan saya. Saya beristirahat sejenak untuk meredakan sakit kepala dan berpikir untuk turun. Karena jalan turun tidak semudah yang saya bayangkan. Secara keliru, saya dapat memasukkan yang terkenal & # 39; 75 & # 39; jalur yang merenggut nyawa pendaki. Ketika saya turun, saya salah melangkah di kaki kanan, menyebabkan persendian saya terluka, rasa sakit yang saya bawa untuk kembali ke Jakarta.

Pendaki Gunung SemeruTeman perjalanan yang menyenangkan

Meski begitu, pengalaman mendaki Gunung Semeru ini merupakan pengalaman tak terlupakan sepanjang hidup saya. Bertemu teman baik. Pengalaman itu begitu tercetak di hati.

Baca juga: Mendaki Gunung Batur, Pemandangan Matahari Terbit Ingin Membuat Nangis

BTW, selalu ada jalan kembali, kan?