Makanan Khas Indramayu Paling Lezat # 1


Makanan Khas Indramayu Paling Lezat # 1

Makanan khas Indramayu adalah salah satu hidangan wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Terlebih lagi, semua makanan dan minuman yang disajikan di Indramayu adalah yang paling enak. Menjelajahi semua varian kuliner di kota ini tidak cukup hanya satu hari lho

Menariknya, semua harga yang ditawarkan kepada Anda cenderung murah. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membelinya. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan aneka hidangan khas.

Di bawah ini kami akan mengajak Anda menjelajahi semua makanan khusus di Indramayu.

1. Tike Chips

Makanan Khas Indramayufoto: https://www.instagram.com/kritik_yu/

Baiklah, mari kita mulai dari keripik Tike, hidangan khas Indramayu yang selalu menjadi perburuan turis baik saat mereka berkunjung, atau hanya lewat. Makanan spesial Indramayu yang lezat berasal dari teka-teki rumput. Seperti diketahui, puzzle puzzle memang tumbuh di ladang dan liar.

Tapi, pasti Anda tidak tahu bahwa tanaman buluh ini memiliki berbagai manfaat untuk tubuh lho. Orang dahulu menggunakannya untuk mengurangi demam dan menjadi obat untuk disentri. Kandungan Alkaloid, Flavonoid juga bisa digunakan sebagai obat untuk melancarkan haid lho.

Ketika Anda mencoba memakannya, rasanya sangat unik. Gurih dan sedikit asin. Tak heran begitu banyak pengunjung yang rela mengantri untuk mendapatkan menu yang satu ini. Dari segi harga tidak terlalu mahal lho. Hanya 20 ribu saja,

2. Rumbah

foto: https://www.instagram.com/makandanjajan/

Makanan khas Indramayu, Jawa Barat, selanjutnya adalah Rumbah. Jika dilihat dari cara penyajiannya yang menggunakan bumbu sayuran dan kacang. Menu yang satu ini hampir mirip dengan pecel. Sayuran yang digunakan adalah kangkung, kol, tauge, dan mentimun.

Namun, ada sesuatu yang lebih istimewa dari varian makanan ini yang namanya Rumbah Darinih yang dikatakan sangat terkenal. Sayuran hanya menggunakan bayam air, hanya untuk bumbu menggunakan sambel asam yang dikombinasikan dengan pasta air.

Enak, pedas, dan sedikit manis. Sangat cocok untuk dimakan pada siang hari. Disarankan untuk mengunjunginya sekitar pukul 10 pagi. Karena, sore hari antrian orang untuk menikmati menu ini sangat panjang. Dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah.

3. Panekuk

Makanan khas Indramayu yang terkenalfoto: https://www.instagram.com/_yinggggggggggggggg/

Pancake tidak hanya dikenal dari solo, tetapi di Indramayu juga tersebar luas. Sarana yang digunakan adalah tepung beras, tepung, tepung dan juga butiran kelapa untuk membuat santan. Rasanya gurih manis dan berbentuk bulat.

Ada dua warna yang bisa Anda lihat di sini. Mulai dari yang berwarna merah ditambah dengan gula merah sehingga rasanya yang manis lebih dominan.

Ada juga yang putih tanpa mencampur bahan apa pun. Biasanya pembuatannya masih menggunakan metode tradisional menggunakan kayu bakar.

4. Terasi

foto: https://www.instagram.com/ramla.w/

Siapa sangka jika Indramayu memiliki oleh-oleh yang cukup unik. Biasanya itu adalah roti atau kue, tetapi, di sini Anda dapat menemukan Terasi, salah satu bumbu yang dapat digunakan untuk mengolah saus cabai ini, menjadi perburuan bagi wisatawan yang berkunjung.

Rasa Terasi juga berbeda dari kota-kota lain. bentuk bulat memanjang. Dengan warna cokelat. Aromanya mengandung udang. Bagi yang sering beli, dari bau saja sudah bisa mereka ketahui. Harganya mulai dari 20 ribu rupiah.

5. Mangga

foto: https://www.instagram.com/moch.zaenuri26/

Tidak salah jika kota ini mendapat julukan sebagai Kota Mangga. Sebab, kuliner khas di daerah ini adalah Mangga yang memiliki rasa yang sangat manis. Agar Anda semakin bisa menikmatinya. Menariknya, ada banyak jenis untuk dipilih.

Mulai dari Gedong Gincu yang paling dicari dengan rasa terbaik. serta harga paling mahal di antara semua jenis. Didominasi oleh rasa manis dan pahit pada akhirnya. Ada lagi Mangga Gajah, Harum Manis, Cengkir, Lali Jiwo, Golek dan Manalagi.

Baca juga -> 14 Makanan Khas Bekasi

6. Blencong

Makanan Khas Indramayufoto: https://www.instagram.com/vazzahidayah/

Makanan spesial Indramayu sangat cocok untuk sarapan. Apalagi jika dipadukan dengan secangkir teh hangat atau kopi. Buat menu makanan ini sangat lezat. Bahan utamanya adalah beras ketan dan ditambah kelapa parut. Rasa yang disajikan gurih manis.

Bentuk kerucut, Anda bisa mencari camilan yang satu ini di pasar tradisional di Indramayu, hampir semua pasar menyediakan makanan yang satu ini lho. Harganya tidak terlalu mahal lho. Anda bisa mulai dari 3 ribu rupiah.

7. Petis

foto: https://www.instagram.com/andiyudhamio/

Petis adalah menu makanan di Indramayu yang wajib Anda cicipi. Bahan yang digunakan untuk menikmatinya adalah gula merah, garam, kecap manis, bawang putih, cabai rawit.

Rasanya manis dan pedas dan paling enak bila dicelupkan dengan berbagai jenis makanan goreng.

8. Geblok

foto: https://www.instagram.com/hsthesty/

Makanan yang satu ini terbuat dari singkong. Konon menu ini sudah ada sejak zaman kuno, lho. Tidak heran jika saat ini Geblog sedikit sulit ditemukan karena lebih rendah dari berbagai makanan kontemporer. Cara membuatnya cukup mudah.

Singkong direbus terlebih dahulu hingga lunak. Untuk menonjolkan rasanya, lebih baik Anda menggunakan daun pandan. Untuk membuat rasa manis ditambah dengan gula pasir. Setelah ditumbuk, singkong ditaburkan dengan kelapa parut. Selanjutnya ditambah dengan gula merah.

Anda dapat menemukan makanan ringan ini di Pasar Tradisional Indramayu. Dengan harga hanya 3 ribu rupiah. Namun, hanya pasar tertentu yang menjualnya. Jadi kamu harus sabar mencarinya.

9. Emping Melinjo

foto: https://www.instagram.com/siti_masitah83/

Makanan ringan khas Indramayu memang makanan ringan yang paling sering dibeli oleh banyak orang. Rasanya enak dan tidak membuat penuh, berbentuk seperti keripik yang terbuat dari melinjo. Sebelumnya, camilan ini hanya disajikan dengan rasa asin. Atau tambahkan garam dan moto.

Namun, seiring perkembangan zaman, semakin banyak rasa yang disajikan, Anda dapat memilih varian pedas dan manis. Bentuknya juga berubah. Manik bulat yang sebelumnya tidak beraturan.

Sekarang lebih bulat dan kurang berisi. Anda bisa membelinya di berbagai toko suvenir dengan harga mulai dari 20 ribu rupiah.

10. Entog Pejalan Kaki

Makanan Khas Indramayufoto: https://www.instagram.com/a___dama/

Menu yang satu ini khusus untuk Anda yang suka makanan pedas. Karenanya namanya adalah entog pejalan kaki. Sedangkan entok sendiri diambil dari nama tongkat. Atau bebek yang memiliki leher pendek dengan tubuh gemuk.

Rempah-rempahnya sangat terasa. Cukup satu gigitan, Anda sudah bisa merasakan kenikmatan kayu manis, lada, pala. tumbar yang bisa menghangatkan tubuh Anda. Untuk dapat menikmatinya, Anda harus membayar hanya 115 ribu rupiah. Biasanya, menu yang satu ini bisa Anda makan bersama dengan nasi hangat. Tentunya nafsu makan Anda akan segera meningkat.

Apalagi daging yang tersangkut benar-benar lunak. Jadi, sangat ramah di gigi. Bisa dimakan siapa saja. Untuk tingkat kepedasan, Anda juga bisa bertanya. Ingin pedas atau hanya sedang. Semakin pedas menu ini biasanya lebih enak.

Coba juga -> 23 Makanan Spesial Jambi

11. Jambal Roti Asin

foto: https://www.instagram.com/fish.asin/

Indramayu adalah daerah pesisir yang pasti akan dipenuhi ikan. Tidak heran Anda bertemu dengan kuliner yang satu ini. Tepatnya di desa Karangsong yang menghasilkan menu yang satu ini.

Bau asin dan amis menjadi hidangan yang harus Anda nikmati ketika berkunjung ke sini. Tetapi, jangan bertanya tentang rasa. Jelas tidak kalah dengan produk lain.

Percaya atau tidak, ada pembeli yang ingin membeli ikan yang memiliki belatung. Konon katanya, tipe seperti itu yang memiliki rasa lebih gurih dan mantap.

Untuk proses pembuatannya butuh waktu lama, terutama selama proses panjang. Semakin panas matahari, menghasilkan rasa yang enak.

12. Cimplo

foto: Cimplo

Jika Anda pergi ke Indramayu, coba selama bulan Safar. Mengapa? Sebab, di kawasan ini Anda bisa menikmati kuliner spesial bernama Cimplo. Terbuat dari tepung beras dan juga ragi.

Warga di sekitar mereka sendiri selalu membuat menu yang satu ini di bulan yang sama, dan itu selalu dilakukan dari tahun ke tahun.

Biasanya disandingkan dengan gula merah cair yang telah dimasak menggunakan kelapa parut bersama dengan daun jeruk, menyebabkan efek aroma.

13. Berlian

foto: https://www.instagram.com/adithraharjo/

Beberapa daerah di Indonesia memiliki menu makanan ini. Teksturnya agak berlumpur dengan rasa manis dan legit. Indramayu sendiri memiliki dua jenis berlian, pertama menggunakan ketan dan kelapa.

Keduanya sama-sama enak dan membuat Anda ketagihan. Baunya sangat harum dengan penambahan gula merah.

14. Mati

Makanan Spesial Indramayu saat Lebaranfoto: https://www.instagram.com/numpangsaveresep.id/

Makanan ini bila dilihat mirip dengan kue beras. Dengan bentuknya tidak begitu besar. Cobalah untuk menikmatinya dan dalam setiap gigitan Anda akan merasakan kacang. Terikat dan dibungkus menggunakan tandan kelapa. T

terbuat dari nasi ketan putih dan Anda biasanya dapat menikmatinya selama perayaan Idul Fitri. Lepet paling enak dipadukan dengan ayam atau kari ayam.

15. Nagasari

foto: https://www.instagram.com/lestarisahidin/

Menu ini juga tersedia di berbagai kota. Terbuat dari tepung beras, santan, susu, gula pasir, pisang raja, daun pisang. Biasanya putih, biru, merah dan hijau. Anda dapat memilih mana yang Anda suka.

Ketika Anda menikmatinya, rasanya legit dan cukup manis dan meleleh di mulut Anda. Cara membuatnya sendiri di panggang atau juga di kukus. Di Indramayu, ada banyak penjual yang bisa Anda temukan dengan harga mulai dari Rp5.000.

Rekomendasi lain -> 29 Makanan Khusus Pekanbaru

16. Kerupuk Udang

FOTO: https://www.instagram.com/cantikasusan13/

Udang menjadi salah satu komoditas di Indramayu yang cukup banyak. Karena itu, jangan heran jika Anda dapat menikmati kerupuk udang yang sangat lezat. Apalagi untuk lauk sambil menikmati menu makanan.

Anda bisa membelinya di berbagai pasar atau toko grosir dengan harga mulai dari 10 ribu. Jika Anda pergi ke Indramayu, jangan lupa untuk membelinya dan cocok untuk oleh-oleh.

17. Tepung jagung

foto: https://www.instagram.com/arsanti96/

Makanan ini menggunakan bahan utama jagung. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu direbus terlebih dahulu.

Selanjutnya ditaburkan dengan garam dan kelapa parut. Rasanya manis dan gurih sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan.

Biasanya dipadukan dengan secangkir kopi. Tidak hanya untuk sarapan, menu yang satu ini juga bisa Anda nikmati di sore atau malam hari saat bersantai.

18. Kerupuk kulit ikan

kerupuk khas indramayufoto: https://www.instagram.com/anggacaturprabowo/

Kulit ikan dan kulit ayam berbeda. Keduanya memiliki tekstur dan selera yang berbeda. Biasanya kulit ikan tidak diperhitungkan untuk dinikmati. Tapi, kalau di Indramayu menu yang satu ini paling disukai dan bisa dijadikan oleh-oleh yang patut Anda nikmati.

Nah, sekitar 300 orang akhirnya bekerja untuk membuat menu ini dan berfungsi sebagai makanan khas pantura.

Bahan yang digunakan adalah ramang yang memiliki rasa renyah dan gurih. Sebelumnya, bahan ini dikeringkan dulu. Setelah sangat kering maka potong-potong.

Selanjutnya dicampur dengan bawang putih, kunyit, dan jahe yang dicampur terlebih dahulu kemudian dioleskan pada kulit kemudian digoreng.

Anda dapat membeli di berbagai toko suvenir. Untuk harga sepotong ikan kecil kurang lebih 1000 rupiah. Untuk yang besar, harganya sekitar 5.000 ribu rupiah. Biasanya, menu yang satu ini bisa Anda nikmati dengan beragam makanan yang lebih enak.

19. Dongkal

foto: https://www.instagram.com/seleramode/

Indramayu terkenal memiliki beragam menu makanan lezat dan banyak makanan ringan yang wajib Anda coba. Salah satu menu yang harus Anda nikmati adalah Dongkal atau Dodongkal. Sebenarnya, makanan ini hanya berasal dari Betawi, beberapa orang Indramayu juga menggunakan hidangan khusus yang harus Anda cicipi.

Bahan utama adalah beras yang ditumbuk sangat halus, hingga dibentuk menjadi tepung. Kemudian, dikukus menggunakan air gula merah dengan aroma manis dan harum.

Selanjutnya, menu yang satu ini disajikan menggunakan daun pisang kemudian ditaburkan di atasnya menggunakan kelapa parut. Jadi, Anda bisa menikmati rasa gurih dan manis dalam satu gigitan. Sayangnya, menu ini cukup langka. Jadi, jika Anda ingin menikmatinya lebih baik buat langsung.

Salah satu yang membuat makanan ini langka adalah bagaimana membuatnya sendiri yang cukup sulit. Hidangan ini biasanya menghasilkan warna yang sangat bergaris dan berbentuk seperti kerucut. Selanjutnya dipotong-potong dan ditaburi gula aren.

20. Jalabiya

foto: http://olaffood.blogspot.com/

Mengunjungi kota dan menikmati makanan tradisional atau kue spesial legendaris adalah salah satu kesenangan tersendiri. Salah satunya menikmati Jalabiya yang lezat dan bentuknya yang cukup unik. Seperti, donat yang pasti Anda sukai. Terbuat dari tepung beras dan juga tepung ketan.

Selanjutnya, dilebur menggunakan gula. Jadi, jika Anda mencoba menggigitnya rasanya manis dan gurih. Sempurna untuk dimakan di pagi hari. Dikombinasikan dengan secangkir kopi atau segelas teh. Pasti sangat lezat. Menu ini juga merupakan hidangan wajib saat ada perayaan.

21. Koci

foto: https://cookpad.com/

Ini adalah kelezatan khas Indramayu. Di mana, Anda bisa menemukannya di berbagai macam perayaan warga Indramayu.

Penasaran dengan menu yang satu ini? Tidak sakit jika Anda membuatnya sendiri dari rumah, Anda tahu.

Ada kelapa muda, gula, gula merah, garam, daun pandan, tepung ketan dan juga bubuk vanila. Jangan lupa juga menyiapkan daun pisang untuk membungkusnya.

22. Karedok

foto: https://www.instagram.com/becauselapar/

Bagi Anda yang vegetarian atau sangat suka makanan nabati. Tidak ada salahnya untuk mencoba karedok Indramayu yang benar-benar nikmat.

Hampir semua sayuran di menu ini memiliki kualitas yang sangat segar lho. Jadi, Anda bisa menikmati kelezatannya.

Ada tauge, terong, buncis, ubi, mentimun, daun kemangi dan mentimun. Untuk menambahkan rasa pada rempah-rempah, gunakan cabai, kencur, cuka dan gula merah.

23. Kue Cikak

foto: https://www.instagram.com/kulineran_koko/

Jika dilihat dari teksturnya terlihat menggoda dan menggemaskan dengan warna bulat dan merah. Terbuat dari tepung beras ketan putih dan kacang hijau yang dikupas dan dihaluskan. Serta gula dan semua yang asli lho.

Jadi, ketika Anda menikmatinya, itu benar-benar beresonansi di mulut. Anda dapat membelinya di berbagai pasar tradisional dengan harga mulai dari 2000 rupiah.

24. Bandrek

Makanan Khas Indramayufoto: https://www.instagram.com/jogjabikinlaper/

Akhirnya, kuliner yang patut Anda nikmati adalah bandrek. Atau wedang jahe yang sangat enak, bergizi dan hangat untuk tubuh.

Biasanya, minuman ini dikolaborasikan dengan beberapa minuman lainnya. Seperti, susu, teh, atau kopi. Apa yang kamu suka?

Ulasan Sebelumnya -> 26 Makanan Khas Banjarmasin

Makanan khas Indramayu memiliki rasa yang tidak kalah dengan daerah lain. Menu unik dengan pemrosesan yang tepat adalah salah satu keunggulan area ini dalam menyajikan suguhan makanan. Jadi, apakah Anda siap untuk pergi ke Indramayu dan mencicipi semua makanan spesial?

Ulasan Hotel Anti Mainstream Murah Dekat Borobudur

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

DON'T MISS