Makanan Khas Jambi Paling Lezat 2020 # 1


Makanan Khas Jambi Paling Lezat 2020 # 1

Makanan khas Jambi adalah salah satu sajian kuliner nusantara yang memiliki cita rasa sangat lezat. Bumbu-bumbu Sumatera biasanya menembus berbagai makanan di tempat ini. Bukan hanya menu makanan berat, tetapi ada juga camilan lidah yang tak kalah menggoda.

Bukan hobi dengan rasa santan, Jambi juga memiliki makanan yang pasti akan membuat Anda tergoda. Bagi yang suka ikan olahan, terutama ikan laut. Di sini juga hadir dengan kesenangan yang tidak biasa. Rasa pedas dan gurih dipadukan dengan sayuran segar yang wajib Anda nikmati.

1. Gandus

makanan jambi khasfoto: https://www.instagram.com/ten_snack_cake/

Baiklah, menu makanan pertama yang bisa Anda nikmati adalah Gandus. Bahan yang dibutuhkan untuk mengolah menu yang satu ini adalah sagu, tepung beras, bawang putih, garam dan santan. Bentuknya persegi tetapi, terkadang ada juga yang berbentuk bulat. Dengan warna putih yang membuat menu ini meledak di mulut ketika satu gigitan meluncur ..

Untuk bisa menikmati makanan yang satu ini, Anda bisa membelinya di berbagai warung kaki lima. Gandus paling enak jika dimakan di sore hari. Bersama dengan secangkir teh panas atau juga kopi hangat khas Sumatera.

2. Kari air terjun

foto: https://www.instagram.com/meandmyfo0d/

Ini adalah menu yang harus Anda nikmati, jika memang Anda pencinta santan. Curry plunge ini adalah sejenis minyak beras yang menggabungkan beberapa bumbu seperti kayu manis, pala, cengkeh, dan beberapa bumbu laut yang membuat hidangan ini enak dan enak untuk dimakan.

Bumbu utama adalah susu cair yang membuatnya terasa sangat lezat. Tidak hanya itu, untuk isinya ada potongan daging dan ikan tepek.

Untuk harganya sendiri mulai dari 30 ribu lho. Anda bisa memakannya di jalan RE. Martadinata No. 42 yang terletak di sebelah sekolah dasar negeri 47. Toko ini akan buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

3. Pempek Sambal

foto: https://www.instagram.com/caffeindicted/

Nama Pempek harus Anda kenal. Ya, kuliner Palembang juga hadir di Jambi dengan selera yang berbeda.

Bahan-bahannya terbuat dari ikan tenggiri ditambah dengan bumbu cuka yang lezat dan penyedap.

Selain itu, dikombinasikan dengan sambal spesial yang menyajikan rasa yang membuat Anda lupa bahwa ini ada di Jambi.

Untuk harganya sendiri mulai dari 20 ribu lho. Dari elastisitas teksturnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di Palembang. Tapi, rasanya lebih enak, terutama bagi Anda yang suka aroma pedas yang menggoda.

4. Kari Ikan Kari

makanan jambi terkenalfoto: https://www.instagram.com/inaonik/

Ada lagi, menu santan juga tidak kalah enak dan enak untuk disantap. Jika makanan ini biasanya hadir saat ada perayaan pernikahan, pesta dan biasanya makan wajib untuk upacara tradisional di Jambi. Bahan utamanya adalah ikan tenggiri yang diolah seperti gabus dan pempek.

Gula itu sendiri memiliki rasa asam karena, salah satu bahan yang digunakan adalah nanas. Ada juga beberapa rempah yang digunakan seperti jahe, bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, jahe, kunyit, serai dan adas manis. Anda juga bisa menikmatinya di wilayah Tahtul Yemen hanya dengan 20 ribu.

5. Lempar Durian

foto: https://www.instagram.com/erly_febrina/

Durian olahan ini memang enak disajikan sebagai makanan. Seperti durian lempok yang memiliki rasa yang lezat.

Menu ini biasanya digunakan sebagai salah satu suvenir wajib yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika dilihat dari teksturnya hampir mirip dengan dodol. Itu hanya menggunakan tepung. Harganya mulai dari 15 ribu lho.

Coba juga -> 26 Makanan Khas Banjarmasin

6. Otak

makanan khas jambi dan bengkulufoto: https://www.instagram.com/nini.jecquiline/

Spesialisasi wilayah Jambi terbuat dari ikan tenggiri, bisa juga menggunakan bandeng yang sebelumnya telah dihilangkan. Dibungkus menggunakan daun pisang yang dibakar. Beberapa orang menggunakan makanan laut seperti cumi atau udang sebagai bahan.

Untuk harganya sendiri mulai dari 500 rupiah bahkan hingga 2 ribu rupiah tergantung bahannya. Untuk menikmatinya, biasanya menggunakan saus pedas. Jika Anda ingin menambahkannya dengan nasi hangat, rasanya juga enak. Jadi, jangan membeli makanan ini, oke?

7. Kerinci Potato Dodol

foto: https://www.instagram.com/arlindanreza/

Jika biasanya Anda menggunakan bahan dodol dari tepung. Jadi, jika Anda mengunjungi Jambi, menu yang satu ini terbuat dari kentang. Nah, bagaimana dengan rasanya? Anda tidak kalah dengan yang lain. Tak heran, banyak turis yang penasaran dan mencari makanan yang satu ini.

Tidak hanya kentang, masih ada santan, gula, dan garam. Semua bahan dicampur menjadi satu, aduk sekitar 2 jam hingga 3 jam. Selanjutnya, keringkan di bawah sinar matahari. Dapat menjadi kuat hingga 2 bulan. Mengenai harganya, harganya murah, hanya 15 ribu hingga 30 ribu.

8. Nasi Berminyak

foto: https://www.instagram.com/dh.eatntravel/

Namanya sedikit lucu, ya, itu nasi lemak, jika Anda melihat makanan khas jambi, yang ini mirip dengan nasi uduk dan sup jengkol.

Untuk bahan utamanya adalah beras, daun salam, santan, daun jeruk, dan juga daun pandan. Sedangkan untuk rempah-rempah, ada bawang, bawang putih, jinten, ketumbar, dan lada.

Sebagai menu pelengkap ada kerupuk, telur dadar, mentimun, acar, dan bawang goreng. Dikatakan bahwa menu yang satu ini sudah ada sejak tahun 1970-an lho.

Dengan harga murah mulai dari 15 ribu hingga 20 ribu. Anda bisa menemukan menu ini di Jalan Hayam Wuruk no, 15. Paling enak dimakan dengan jus sirih dicampur dengan pinang yang enak.

9. Muso Cake

foto: https://www.instagram.com/utarysri/

Masakan ini memang enak dan termasuk makanan legendaris. Mirip dengan mortar, hanya kulit bagian luarnya berwarna cokelat. Menggunakan bahan-bahan dasar seperti tepung beras ketan, tepung terigu, dan bubuk kakao.

Dengan rasa manis membuat muso Anda dapat membuat pilihan. Menu yang satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh yang wajib Anda coba.

Dikatakan bahwa kue Muso ini bisa membuat camilan wajib saat berbuka puasa dan bisa takjil. Anda bisa membelinya di berbagai kios dengan harga mulai dari 1.000 rupiah hingga 2.000 rupiah.

10. Nanas Dodol

makanan jambi khasfoto: https://www.instagram.com/kalsareater/

Ini adalah suvenir yang juga harus Anda coba dan harus beli, yaitu Nanas Dodol. Konon buah ini sudah menjadi komoditas yang cukup banyak di Jambi. Tak heran kuliner ini menjamur di beberapa toko suvenir. Konon, dodol sendiri sudah ada sejak 1998.

Bahan lain termasuk tepung beras ketan, santan, kelapa, vanila, gula merah dan juga gula. Aromanya memang bikin kamu ketagihan lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan, coba saja, harganya mulai dari 20 ribu lho.

Baca juga -> 25 Makanan Khas Aceh Paling Lezat

11. Daging Hitam

foto: https://www.instagram.com/bymaktam/

Bila dilihat dari segi warnanya yang cokelat tua mengingatkan pada masakan khas Betawi, semur. Daging yang digunakan sangat lunak dan empuk. Nyaman saat digigit. Sausnya menggunakan kecap asin yang menambah rasa dan aroma.

Bahan-bahan lain termasuk jintan, kelapa bakar, ketumbar, adas manis, kayu manis, lada putih, pala, garam dan santan. Tambahkan hazelnut, serai hanya diambil putih, bawang putih, bawang merah, dan juga lengkuas. Masak sampai saus mengental dan sajikan dengan nasi hangat dan saus sambal.

12. Mie Celor

foto: https://www.instagram.com/makanandjambi/

Bingung selama di jambi makan siang apa? Mungkin, mie celor adalah jawabannya. Dengan saus santan yang membuat hidangan ini terasa sangat lezat. Disajikan dengan atau tanpa udang. Biasanya akan diganti dengan ayam atau juga dengan cumi-cumi. Bisa juga memotong daging.

Selain mie besar, Anda juga bisa melihat daun bawang, tauge, bawang goreng, dan jus jeruk nipis ditambah lada dan santan. Untuk harga mulai dari 20 ribu saja. Tergantung pada bidang yang Anda gunakan.

13. Bolu Kojo

kue jambi khasfoto: https://www.instagram.com/dhilasina/

Bolu Kojo, salah satu menu yang enak disantap. Bahan yang digunakan tidak jauh dari tepung terigu, santan, gula, daun pandan dan daun suji.

Rasanya sangat lembut dan manis, membuat menu yang satu ini sayang jika harus dilewatkan.

14. Kue Burgo

foto: https://www.instagram.com/mintybintypinky/

Nama kuliner ini masih belum terlalu terkenal. Namun, Anda harus mencobanya karena itu hidangan yang sangat unik, lho. Mulai dari rasa dan bentuk. Bahannya terbuat dari tepung beras dan sagu pertanian.

Teksturnya kenyal dan gurih, ditambah saus yang menjadikan menu ini menjadi favorit masyarakat sekitar.

Untuk membuat kaldu, Anda membutuhkan ikan, makarel, kaldu udang, udang, gula, lengkuas, bawang merah, butiran kelapa, ebi, dan jintan.

15. Kue Putri Kandis

foto: https://www.instagram.com/ridzku/

Ada satu lagi menu yang wajib Anda nikmati adalah kue putri. Makanan khas Jambi yang terkenal jika dilihat dari segi bentuknya hampir seperti lapisan yang sah. Dengan sampul warna-warni, kuning, coklat, dan hijau membuatnya semakin menarik untuk dimakan.

Anda dapat mencari menu ini di berbagai toko roti atau toko oleh-oleh di Jambi. Harganya pun cukup murah, mulai dari 30 ribu untuk satu kotak. Jadi, jangan biarkan Anda tidak membelinya.

Baca juga -> 23 Makanan Spesial Bengkulu

16. Kue Padamaran

foto: https://www.instagram.com/vidiamurni/

Jika Anda pergi ke Jambi, jangan lupa untuk menikmati Kue Padamaran yang saat ini sedang menyebar di kalangan masyarakat Jambi. Makanan ringan tradisional Jambi ini secara historis merupakan makanan mewah. yang digunakan untuk berbagai acara.

Mulai dari perayaan pernikahan, hingga menyambut tamu undangan seperti menteri hingga presiden. Bisa juga digunakan untuk berbuka puasa.

Sebab, rasanya yang lembut dan manis sangat cocok sebagai makanan berbuka puasa. Bahan yang digunakan untuk membuatnya juga mudah, seperti ekstrak air daun suji, tepung beras, gula aren, dan santan.

17. Sup Tulang dan Pembakaran Tulang

makanan ayam jambi khasfoto: https://www.instagram.com/jenny_zhang1/

Menu makanan yang satu ini memang paling enak untuk dimakan di malam hari. Atau saat hujan dan udaranya dingin. Itu terlihat hampir mirip dengan sup iga. Namun, tulang itu sendiri harus direbus selama sekitar 4 jam hingga 5 jam.

Karena itu, tidak salah jika rasa dagingnya sangat empuk. Untuk harganya sendiri mulai dari 10 ribu rupiah. Untuk menambah kenikmatan biasanya akan ditambahkan dengan lokio. Untuk menikmatinya, Anda dapat mengunjungi Ruko Interkota.

18. Tempoyak

foto: https://www.instagram.com/ramentuyek/

Ini adalah durian olahan lain yang akan Anda temukan di Jambi. Namanya Tempoyak yang merupakan hasil fermentasi. Ciri khas dari makanan yang satu ini adalah asamnya yang sangat pekat. Tidak heran ada beberapa orang yang tidak tahan dengan makanan ini.

Yang paling enak bila ditambahkan dengan menggunakan nasi hangat, secara historis, Tempoyak sendiri adalah makanan khas Terengganu, dan menjadi makanan khas keluarga Melayu di Malaysia dan Indonesia.

19. Rambut Goreng

foto: https://www.instagram.com/serasilviana15/

Mendengar nama goreng Rambutan ini memang cukup unik dan juga aneh. Di mana, kuliner khas jambi ini menggunakan bahan dasar buah rambutan sebagai menu. Biasanya itu pisang.

Kono rasanya enak karena buah ini juga manis. Hanya saja, sebelum Anda menikmatinya, Anda harus memastikan kadar air di dalamnya tidak dicampur dengan tepung, vanila, dan garam dicampur sebelum digoreng.

Anda juga bisa membuat makanan ini untuk oleh-oleh. Karena, makanan ini hanya tersedia di Jambi, lho. Untuk harga mulai dari 20 ribu saja.

20. Kue Srikaya

makanan khas muaro jambifoto: https://www.instagram.com/chubbycooking/

Dapat dikatakan bahwa masyarakat Jambi telah menjadi cara paling kreatif untuk mengolah bahan menjadi makanan lezat. Setelah rambutan, sekarang ada srikaya yang digunakan sebagai kue.

Rasanya sangat legit dan enak untuk lidah. Nah, makanan ini biasanya digunakan sebagai saluran untuk pengiriman ke rumah mertua.

Konon, menu ini adalah makanan yang memiliki makna, yaitu Sri adalah seorang dewi dan masih kaya. Untuk bahannya terbuat dari ketan dan santan yang cukup kental.

Ada juga telur dan pewarna makanan hijau. Jangan lupa tambahkan gula untuk pemanis dan garam agar makanan ini menjadi seimbang.

21. Topi Ikan

foto: https://www.instagram.com/dapo.panas/

Menu ikan memang menjadi pahlawan di Jambi. Keunikan kuliner yang satu ini adalah ikan yang dibungkus dengan daun pisang akan digoreng bersama. Sebelum digoreng, bahan yang harus disiapkan adalah air asam, cabai merah, garam, gula pasir, bawang, daun pisang, kemiri, kunyit, ketumbar.

Untuk ikan itu sendiri Anda bisa memilih, tetapi yang direkomendasikan adalah Tilapia. Sangat cocok dipadukan dengan nasi hangat. dan juga saus super pedas.

Di banyak restoran dan warung kaki lima di Jambi, sudah banyak orang yang menyajikan makanan yang satu ini. Penasaran dengan menu> Jangan lupa untuk mencobanya.

22. Calamari Cah Kangkung

foto: https://www.instagram.com/manganboss_/

Bagi Anda yang gemar makan seafood, mungkin cumi cah kale bisa menjadi makanan lezat yang bisa Anda santap saat berada di Jambi.

Bahan-bahannya sendiri menggunakan minyak wijen, saus ikan, garam dan gula. Menu makanan ini sendiri sangat cocok untuk makan siang di siang hari.

Di mana, air mani itu sendiri sangat lezat dan bayam tidak terlalu keras. dikombinasikan dengan saus cabai Anda pasti akan kehabisan sekitar dua piring. Harganya hanya sekitar 20 ribu lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan.

23. Kue Boyo Kubang

makanan jambi khasfoto: https://cookpad.com/

Ini adalah hidangan terakhir yang ada di menu Jambi. Kue Boyo Kubang. yang merupakan kue tradisional.

Campuran beras ketan dikombinasikan dengan pandan. Selanjutnya dikukus terlebih dahulu untuk mendapatkan tekstur yang lembut. Jangan lupa menambahkan santan untuk membuatnya terasa sempurna.

Ulasan Sebelumnya -> 21 Makanan Spesial Pontianak

Keistimewaan Jambi banyak dan beragam, ada banyak persiapan yang tentunya membuat lidah Anda tergoda untuk menikmatinya lagi dan lagi. Semua menu makanan juga tidak terlalu sulit ditemukan. Dengan harga rendah dan kualitas yang tetap nomor satu. Jadi, jangan lupa mencicipinya saat Anda berada di Jambi.

Vlog ke Baturraden Lokawisata 2020 Terbaru

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

DON'T MISS