Panduan SEO Basic untuk Travel Blogger


Apa SEO bahwa?

Sebenarnya ada begitu banyak tips dasar tentang mengoptimalkan situs yang beredar di Internet.

Untuk blog perjalanan, SEO sebenarnya sama. Hanya menurut saya sedikit mengubah urutan. Jika biasanya, seorang internet marketer yang benar-benar fokus pada SEO (baik untuk adsense, clickbank, dll), urutan pertama yang harus dilakukan adalah penelitian kata kunci alias Penelitian Kata Kunci.

Mengapa? Karena tidak akan berguna untuk membuat konten yang bagus tetapi ternyata persaingan yang tinggi atau tidak ada lalu lintas pada kata kunci yang ditargetkan. Kata kunci ini sangat penting agar blog / situs web kami mendapat peringkat di halaman pertama Google.

Kenapa harus halaman pertama?

Karena di sinilah sumber organik lalu lintas Google. Ada yang mengatakan, 60% dari lalu lintas Google berada di peringkat 1-4 Google, sisanya dibagi dengan peringkat di bawahnya (masih di halaman pertama) karena orang malas untuk membuka halaman 2, 3, 5, terutama ke halaman 10 Google.

Benar atau tidak? …

Coba lihat data berikut:

Kata kunci hasil penelitianKata kunci hasil penelitian

Saya ambil contoh untuk riset kata kunci "tempat wisata di Melaka". Jumlah pencari yang mengetik kata kunci ini di mesin pencari Google rata-rata 720 (tergantung tren). Dari data di atas dapat kita lihat, 70,98% dari traffic diperingkat 1-4 SERP (Search Engine Result Page).

Anda dapat melihat detail lebih lanjut di bawah ini. Diperkirakan lalu lintas masuk ke halaman blog saya, sekitar 147 kunjungan per bulan. Namun, ini masih kalah dengan artikel yang masuk sebagai "Cuplikan Unggulan" Google.

Menariknya, lalu lintas tidak hanya berasal dari kata kunci tersebut, tetapi bisa dari kata kunci yang serupa. Misalnya: wisata melaka, wisata melaka, dll.

Pemeringkatan kata kunci di GoogleKata kunci hasil penelitian

Nah, selain kata kunci, menurut saya konten / artikel / artikel adalah yang paling penting karena sebagian besar tulisan didasarkan pada cerita dan pengalaman blogger perjalanan. Baru setelah itu memasukkan kata kunci yang tentunya harus memiliki hubungan dengan tulisan yang dibuat.

Meski begitu (mengerti tentang penelitian kata kunci), kami tidak harus memasukkan sebanyak mungkin kata kunci. Google sangat membencinya. Jadikan konten Anda sealami mungkin yang ditujukan untuk pembaca manusia. Sisanya diserahkan ke Google.

Panduan SEO untuk Perjalanan Blogger

Selama blogging dari 2012 hingga artikel ini saya perbarui (Mar 2019), jumlah posting di blog ini hanya 142. Rata-rata, setiap bulan membawa hingga 45K ++ tampilan halaman dengan 82% adalah lalu lintas organik dari Google. mesin pencari dan tidak semua artikel yang saya optimalkan.

Nah, kali ini saya ingin berbagi tips 14 dan pedoman SEO untuk blogger travel asal-asalan. Hanya panduan dasar. Semoga beruntung, teman-teman!

SEO (optimasi mesin pencari) sebenarnya memiliki 2 tahapan penting, yaitu:

Optimalisasi situs kami (Optimasi On-Page) Optimasi di luar situs kami (Optimasi Off-Page)

SEO On Page Optimization

Harap dicatat, saya menggunakan platform hosting mandiri wordpress. Beberapa pedoman SEO di sini menggunakan plugin yang hanya bisa di hosting sendiri. Tidak dapat blogspot dan wordpress.com, kecuali jika Anda ingin membayar mahal setiap bulan untuk fitur ini.

Nah, hal yang bisa kita lakukan pertama adalah optimasi di blog kita terlebih dahulu. Biasanya disebut optimasi pada halaman. Apakah mereka?

Artikel / Artikel

Seperti yang saya sebutkan di atas sebelumnya, karena ini fokus pada travel blogging, maka menurut saya penulisan / artikel sangat penting.

Buat tulisan / kisah pengalaman Anda, atau tips tentang perjalanan Anda semenarik mungkin tetapi masih dengan gaya mereka sendiri. Karena kami berbagi dengan manusia bukan mesin Google dan secara konsisten menulis * self-plaque *.

Kiat dari saya, bikin artikel abadi yang masih relevan dibaca sampai tahun-tahun berikutnya. Apalagi yang kami bagikan secara umum di blog perjalanan adalah kisah perjalanan. Jadi, sangat, sangat mungkin bahwa kami akan membagikan kembali sekarang (diterbitkan ulang).

BTW, serius, pembaruan artikel harian memiliki dampak signifikan pada lalu lintas.

Kata kunci (Keyword)

Selanjutnya adalah memasukkan kata kunci (keyword) yang masih terkait dan relevan.

Nah, bagaimana cara menemukan kata kunci ini?

Jika dulu saya menyarankan mencari kata kunci dari Google Ads, sekarang saya tidak bisa lagi. Kecuali jika Anda ingin beriklan melalui Google Ads. Nah, bagi Anda yang ingin mencari kata kunci, alat gratis yang dapat Anda gunakan: Ubersarankan, atau instal ekstensi Chrome "Kata Kunci Di Mana Saja".

Untuk hasil penelitian yang lebih lengkap dan Anda memiliki dana sekitar USD49 / bulan, Anda dapat menggunakan Pencari Kata Kunci.

Pemeringkatan kata kunci di Google
Hasil penelitian menyebutkan bahwa ada sekitar 720 orang yang mengetik kata kunci "tempat wisata di Melaka".

Cari setidaknya 2-3 kata kunci yang relevan untuk dimasukkan ke dalam tulisan Anda. Ingat, jangan melakukan kata kunci isian, ya!

Judul Meta

Di sinilah kita perlu plugin SEO untuk masuk Tag Meta, yaitu judul, kata kunci, dan deskripsi. Plugin SEO ini akan saya bahas pada poin selanjutnya.

Nah, Judul Meta ini nantinya akan muncul di atas browser dan Google Snippet. Judul atau isi judul setidaknya mengandung kata kunci yang kami tuju.

Contoh meta tittle dan deskripsi meta

Deskripsi meta

Sama seperti Meta Title di atas, untuk memasukkan deskripsi meta kita juga harus menggunakan plugin. Google menentukan bahwa setiap deskripsi meta dibatasi hingga 160 karakter. Deskripsi ini harus berisi kata kunci yang telah kita masukkan ke dalam kata kunci meta sebelumnya. Meski begitu, pada kenyataannya Google dapat menyesuaikan deskripsi yang muncul di snippet jika kata kunci ada di badan artikel.

Menghubungkan Internal

Dalam SEO, penautan internal juga sama pentingnya dengan membangun backlink ke blog kita. Bangun tautan antara satu artikel dengan artikel lainnya. Cobalah menautkan artikel terkait.

Peta Situs

Ada 2 jenis peta situs yang harus kami sediakan. Sitemap pertama yang diperuntukkan bagi manusia dalam hal ini adalah pembaca, walaupun jarang melihat halaman ini. Contohnya bisa dilihat di sini.

Sementara itu, peta situs lain ditujukan untuk robot mesin pencari Google. Tujuannya, agar robot Google cukup untuk merayapi peta situs ini saja. Sekarang, untuk membuat kedua peta situs ini, Anda dapat menggunakan plugin wordpress.

Plugin SEO

Untuk membuatnya lebih mudah untuk memasukkan meta tag, Anda harus menggunakan Plugin SEO. Plugin SEO yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk saat ini adalah Yoast, dan All in SEO Pack. Pilih satu karena keduanya tidak berpasangan dan tidak bisa berjalan bersama apalagi.

Saat ini, saya menggunakan plugin Yoast. Penggunaan plugin di sini hanya untuk platform hosting self-wordrpess.

Struktur Permalink

Permalink adalah URL blog. Permalink default biasanya (misalnya) domainkamu.com/?p=123 harus diubah ke pengaturan /% postname% / misalnya seperti ini:

https://virustraveling.com/recomendation-placement-in-melaka-malaysia

Optimasi Gambar (gambar)

Selain menulis, blog perjalanan juga harus berisi gambar-gambar indah yang diperoleh saat bepergian. Namun sayangnya, robot mesin pencari tidak memahami gambar. Tidak peduli seberapa indah pemandangan dari atas Mahameru.

Karena mereka tidak memiliki mata dan perasaan, informasi apa pun yang disampaikan, robot harus percaya. Google hanya mengerti ‘Alt tag‘. Misalnya, saya mengunggah foto saya sendiri tetapi diberi tag alt & # 39; Tekno Bolang Lostpacker & # 39 ;, robot akan mempercayainya.

Saya menemukan banyak blog yang berisi gambar yang tidak dioptimalkan sama sekali. Misalnya, langsung masukkan hasil foto dari kamera sehingga url foto seperti ini img-123456.jpg.

Nah, cukup optimalkan untuk mengisi alt tag dan ganti url foto sesuai dengan kata kunci.

Panduan SEO optimasi gambarContoh optimasi SEO pada gambar

Optimasi SEO Off Page

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan blog perjalanan kami, termasuk mereka sebagai berikut:

Tautan balik

Poin pertama untuk optimasi di luar blog kami (optimasi di luar halaman) adalah mencari backlink.

Sudah tahu apa itu backlink?

Backlink bahasa yang mudah adalah blog lain yang menyediakan tautan langsung ke blog kami dan mencari backlink yang berkualitas mudah dan sulit, dicirikan sebagai berikut: backlink berasal dari blog yang memiliki PR (pagerank) tinggi, dofollow, dan yang masih relevan dengan kata kunci .

Membangun backlink juga harus alami. Digabung antara dofollow, nofollow, PR tinggi / rendah. Untuk mendapatkan backlink ini kita bisa jalan-jalan di blog dan meninggalkan url blog kita di bagian komentar. Komentari secara alami dan jangan sesekali komentar spam atau sampah seperti post Posting bagus, teman! ’Semua blog yang Anda kunjungi.

Kirim Direktori

Kirim Direktori menurut saya perlu dilakukan. Kirim blog perjalanan kami ke ratusan direktori yang ada (googling). Kirimkan sekali saja. Cukup mencicil 3-5 direktori per hari dan juga menyiapkan akun email tiruan untuk mengakomodasi email spam dari direktori itu.

Pengiriman Mesin Pencari

Mesin pencari bukan hanya Google, ada banyak hal. Yahoo, Bing, Aol, dll. Kirimkan url beranda blog kami ke beberapa mesin pencari. Sama seperti mengirimkan direktori, kirimkan url blog sekali saja, lalu lupakan.

Media sosial

Salah satu cara untuk mendatangkan traffic ke blog kita adalah dengan memanfaatkan media sosial, misalnya Facebook, Twitter, atau Instagram. Dari semua media sosial, hanya Facebook yang baik untuk saya, jadi sering-seringlah mempostingnya di sini, tetapi jangan sia-siakan, hahaha!

Forum

Selain media sosial, forum juga menjadi sumber traffic untuk blog kita. Bergabunglah dengan beberapa forum yang masih relevan dengan blog perjalanan kami. Misalnya Kaskus Traveler, atau forum backpacker Indonesia. Buat akun, kirim atau tinggalkan komentar untuk meninggalkan tanda kami di sana.

Oke, itu 14 tips dan pedoman dasar SEO dasar dari saya. Sorotan SEO untuk blogging perjalanan menurut saya adalah kandungan dan kata kunci.

Oh ya, untuk suhu dan kubus SEO dipersilakan untuk mampir dan menunggu komentar.

***

Saya menulis artikel ini untuk bergabung dengan Postbar dengan geng Travel Blogger Indonesia.

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

DON'T MISS