Spesialisasi terbaru Bekasi tahun 2020 The Most Delicious # 1


Spesialisasi terbaru Bekasi tahun 2020 The Most Delicious # 1

Makanan khas Bekasi saat ini sangat banyak dan beragam. Bahkan, ada sesajen yang hampir punah. Maklum saja, dari suku Betawi pertama yang tinggal di Jakarta, Bekasi dan sekitarnya. Jangan bosan mulai berbagai menu yang masih ada sampai sekarang.
Meskipun, ditumbuk dengan beberapa makanan baru dan kontemporer. Makanan Khas Bekasi masih bertahan. Namun, mengkhawatirkan saat ini memang cukup memprihatinkan. Sebab, tidak setiap kios menjual.

Beberapa diberikan yang disajikan secara khusus pada saat-saat tertentu. Seperti, perayaan Idul Fitri atau syukuran dan pernikahan. Menu khas dari Bekasi. Masakan khas dari Arab, India, Melayu, Belanda, Portugis, Cina dan Spanyol.

Kuliner di bekasi digunakan untuk berbagai acara seperti perayaan pernikahan. Jadi, jika Anda ingin menikmatinya, Anda bisa membuatnya sendiri dari rumah. Cara membuatnya tidak terlalu sulit lho.

Penasaran dengan berbagai hidangan yang disajikan oleh masyarakat Bekasi untuk Anda semua. Mari kita lihat hasil eksplorasi kuliner selama di Bekasi.

1. Dodol Betawi

Makanan Khas Bekasifoto: https://www.instagram.com/infobek/

Makanan khas Bekasi untuk suvenir yang bisa Anda pilih pertama adalah Dodol. Mungkin, banyak orang mengira menu ini berasal dari Garut. Namun, di Bekasi juga memproduksinya. Warnanya hitam kecoklatan.

Memiliki tiga rasa yaitu durian, ketan hitam dan ketan putih. Untuk membuatnya tidak semudah yang dibayangkan. Pertama, siapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Ada gula merah, santan, gula pasir, kelapa tua. Perhatikan kualitas setiap bahan.

Karena, semakin baik bahan yang digunakan, daya tahan dodol akan lebih lama. Selanjutnya, santan dan tuangkan beras ketan yang sudah ditumbuk tepung.

Kemudian, goreng dalam wajan besar, tunggu sampai mengental dan kemudian diaduk selama sekitar 8 jam hingga 12 jam. Perhatikan juga api yang digunakan. Jangan terlalu panas dan merokok. Saya bisa minta dodol untuk dibakar. Langkah terakhir, potong kecil-kecil.

2. Kue Dongkal

Makanan khas Bekasi untuk oleh-oleh
foto: https://www.instagram.com/seleramode/

Hidangan berikutnya adalah Bekasi Special Tambun Food, Dongkal Cake. Hanya saja menu ini sulit ditemukan. Cocok digunakan sebagai menu sarapan dengan segelas teh hangat yang lezat. Bahan utama adalah tepung halus, yang berasal dari tabrakan beras.

Setelah halus, kue ini akan diisi dengan tambahan gula aren. Dicetak dan berbentuk seperti kerucut, kerucut segitiga. Langkah selanjutnya, kukus hingga matang.

Bahan lain yang digunakan termasuk, vanili, daun pisang dan kelapa parut. Metode penyajian diletakkan di atas selembar daun pisang. Namun, saat ini banyak penjual kue tidak menggunakan pembalut daun pisang.

Saat dicermati secara mendalam, makanan ini lebih seperti putu. Dengan warna putih, di dalamnya ada gula aren dan topping kelapa yang membuatnya manis dan gurih.

Kuliner ini bisa Anda temukan di jalanan. Anda, bisa juga menemukannya di beberapa pasar tradisional.

Harganya juga tidak mahal mulai dari 10 ribu rupiah, Anda bisa mencicipi hidangan khas Bekasi ini. Jangan lupa mencicipinya, dijamin Anda akan kehilangan uang.

3. Sayuran Gabus Pucung

Makanan khas daerah Bekasifoto: https://www.instagram.com/dyah_luvkitchen/

Setiap makanan khas Bekasi memang memiliki rasa yang membuat siapa pun ingin sekali memakannya. Sayangnya, untuk mendapatkan menu yang satu ini cukup sulit, Anda harus membuatnya sendiri dengan berbagai resep yang sudah tersedia.

Satu-satunya tempat yang menyajikan makanan yang satu ini adalah di restoran Bekasi otentik atau Anda dapat mengunjungi desa budaya Bekasi. Bahan utama dalam membuat menu yang satu ini adalah kluwek.

Nah, kluwek ini sendiri juga digunakan sebagai bahan untuk membuat rawon. Pilih, yang cukup berat, cobalah mengocoknya. Saat Anda mendengar suara yang khas. Jadi, kualitasnya sangat bagus.

Selain itu, ada ikan gabus, bawang putih, bubuk ketumbar, dan garam. Ada juga daun jeruk dan minyak untuk menumis. Gabus pucung lezat adalah saus yang rasanya.

Apalagi penggunaan rempah-rempah cukup banyak. Ikan gabus sendiri mencoba untuk benar-benar dimasak, sehingga ketika dicampur dengan saus dapat meresap dengan sempurna

4. Bir Pletok

Makanan Khas kota Bekasifoto: https://www.instagram.com/filipusverdi/

Salah satu minuman yang wajib Anda coba di sini adalah Bir Pletok. Jika dilihat dari lamun. Bukan alkohol yang membuat Anda mabuk. Sebaliknya, minuman ini sehat untuk tubuh dan sangat bermanfaat.

Ada berbagai macam rempah-rempah seperti jahe, kapulaga, jahe, serai, kayu manis, daun jeruk, lada hitam, kayu secang, adas pala dan gula. Semua jus ini akan diminum.

Kemudian, masukkan tabung dan kocok selama 1 menit hingga 2 menit. Suaranya akan terdengar pletok-pletok. Popularitasnya mulai tumbuh pada tahun 1970-an.
Sayangnya, minuman ini hanya ada di berbagai acara seperti, pernikahan dan berbagai kebiasaan budaya yang biasanya sering diadakan. Menariknya, bir ini bisa bertahan dari 3 hari hingga seminggu.

Jadi, tidak semua jenis bir haram dan memabukkan. Di sini, Bir hanyalah sebutan, semua bahan adalah rempah-rempah asli Indonesia yang membuat tubuh segar, bugar, sehat, dan sangat direkomendasikan untuk Anda.

Coba juga -> 26 Makanan Khas Banjarmasin

5. Bandeng Rorod

Makanan Khas Bekasi Utarafoto: https://www.instagram.com/bandeng_rorod/

Makanan khas Bekasi yang lezat ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang di rumah. Makanan ini sangat enak untuk dijadikan lauk. Di mana, tidak ada duri sama sekali. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk menikmatinya.

Tempat paling terkenal untuk membeli menu ini adalah Mpok Omah, yang sudah ada sejak 2012. Awalnya hanya dalam bentuk matang. Namun, seiring waktu permintaan meningkat. Jadi, dibuat dalam bentuk beku.

Harga yang harus Anda bayar untuk paket adalah 25 ribu rupiah. Ada juga beberapa varian seperti, bakso buatan. Tenang saja, menu yang satu ini tanpa MSG sama sekali lho.

6. Kue Akar Kelapa

foto: https://www.instagram.com/dianfaizin17/

Camilan khas Bekasi ini memang wajib untuk Anda beli. Tidak hanya dijadikan oleh-oleh. Anda juga bisa memakannya sambil bersantai bersama keluarga yang dipadukan dengan secangkir kopi atau teh. Tidak hanya digunakan sebagai hidangan pembuka atau hidangan penutup.

Namanya adalah Coconut Root Cake jika orang Bekasi sering menyebutnya sebagai pocrot. Gunakan bahan-bahan seperti tepung beras, mentega, wijen, tepung ketan, gula dan telur. Yang menarik, hidangan ini sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet. Jadi, aman dikonsumsi setiap hari.

Nah, Anda bisa membeli hidangan tradisional dari Bekasi di berbagai toko suvenir. Harganya pun cukup murah mulai dari 20 ribu lho. Makanan yang satu ini bisa tahan hingga 3 bulan lho. Jadi, jangan lewatkan untuk mencobanya. Rasanya benar-benar membuat ketagihan.

7. Kue Benih Ketapang

Makanan Khas Bekasifoto: https://www.instagram.com/dapurbijiketapang/

Makanan Khas Wilayah bekasi Jawa Barat ini adalah salah satu hidangan yang tidak boleh Anda tinggalkan. Memang, jika Anda pergi ke daerah Bekasi, menu makanan ringan memang membuat lidah menggoda. Jadi, rugi kalau sampai di sini jangan beli ini-itu.

Salah satunya dimakan oleh kriuk dan dapat digunakan sebagai apa saja untuk menemani aktivitas Anda adalah Bibit Ketapang. Dinamakan demikian karena, jika Anda melihat bentuknya hampir mirip bukan? Dengan rasa manis dan gurih dan sangat renyah. Goreng sampai kering, menghasilkan rasa yang renyah.

Biasanya orang Bekasi membuat hidangan ini saat acara Idul Fitri atau ada juga perayaan. Tapi, Anda juga bisa membelinya di berbagai toko suvenir dengan harga mulai dari 20 ribu. Jadi, jangan lewatkan perasaan senang.

8. Kue Rangi

foto: https://www.instagram.com/ciaandri/

Jika masyarakat Bekasi lebih suka menyebutnya sagu rangi yang merupakan salah satu dari banyak kue tradisional khas Bekasi Menggunakan bahan dasar tepung kanji atau tepung sagu.

Kemudian, dipanggang dengan cetakan khusus dan atasnya dengan parutan kelapa dan gula merah. Ketika Anda menciumnya, itu benar-benar membuat Anda ingin menikmatinya lagi dan lagi.

Untuk membuat makanan yang satu ini, biasanya pedagang menggunakan cetakan kue pancake atau bandros. Sementara itu, panggangan menggunakan kayu. Sayangnya, adonan yang digunakan tidak akan bertahan sehari. Jadi, sebisa mungkin Anda harus menghabiskannya selama satu hari.

Saat ini, citarasa yang dihadirkan untuk makanan yang satu ini beragam dan juga banyak. Jadi, Anda bisa memilih sesuai selera. Untuk harga mulai dari 1.000 rupiah, lho. Anda dapat menemukannya di berbagai pedagang keliling yang biasanya hadir selama CFD.

9. Bunga Goyang

Makanan Khas Bekasi Baratfoto: https://www.instagram.com/culinessa/

Orang Bekasi memang memiliki beragam menu lezat yang bisa Anda beli. Salah satunya adalah bunga goyang pada saat lebaran. Bentuknya lucu seperti bunga dengan tekstur kering dan warna agak kecoklatan.

Dinamai sebagai bunga goyang, karena ketika digoreng itu harus dikocok dulu agar terpisah dari cetakan khusus. Bahannya sendiri cukup mudah untuk memiliki tepung tapioka, tepung beras, tepung, santan, gula pasir, biji wijen, bubuk vanila.

Untuk membuatnya, Anda harus menggunakan cukup minyak dan panas. Membuat bunga goyang itu mudah. Adonan sebagai penentu, jika berhasil, biasanya akan mudah dikeluarkan dari cetakan.

Tanpa perlu kocok terlalu lama. Jika memungkinkan jangan mengisi cetakan dengan adonan terlalu banyak. Simpan dalam wadah dan tertutup rapat agar selalu renyah saat dimakan

Anda bisa membeli makanan ini di berbagai toko suvenir di sekitar Bekasi. harganya tidak mahal lho, cuma 20 ribu.

Lihat juga -> 23 Makanan Spesial Jambi

11. Sayuran babanci

foto: https://www.instagram.com/rasasayange/

Di antara semua nama menu di Bekasi. Sayuran babanci sebenarnya paling direkomendasikan. Sayangnya hidangan ini hampir punah.

Kenapa harus disebut babanci? Untuk satu hal, menu yang satu ini memang membingungkan. Jika Anda melihat namanya, harus ada wortel, kol, atau apa pun. Tapi, pada kenyataannya tidak ada sama sekali.

Jika Anda bisa mengatakannya lebih mirip kari. Namun, ada yang mengatakan bahwa nama itu diambil dari warga China yang pertama kali membuatnya, yaitu Baba dan Cici. Satu hal yang pasti menu ini sangat enak dan tidak ada yang mengalahkan sebenarnya.

Nah, jika Anda melihat bahan-bahannya, ada jahe, kapulaga, serai, kemiri, asam, lengkuas, cabai merah besar. petai, serundeng, kelapa muda dan terasi.

Jika dilihat dari ramuannya pasti kaya akan herbal dan Indonesia sama sekali. Sayangnya, beberapa bahan di atas sangat sulit ditemukan, terutama bunga bintang. Tak heran menu yang satu ini semakin langka di beberapa warung makan dan restoran.

Namun, jika Anda masih penasaran dengan menu yang satu ini, Anda bisa pergi ke kota tua. Di mana, ada restoran yang masih menyajikan sayuran ini. Untuk harganya cukup fantastis mulai dari 50 ribu rupiah. Jangan melihat harganya, lihatlah rasa yang benar-benar fantastis di mulut.

12. Bubur Ase

Makanan Khas Bekasi Timurfoto: https://www.instagram.com/lily.setiadinata/

Ada masakan Bekasii lain yang sekarang hampir langka dan juga hampir punah. Namanya Bubur Ase. Atau kependekan dari acar dan semur.

Jika Anda melihat dari panjangnya sendiri cukup menarik dan membuat Anda pasti penasaran untuk mencicipinya. Menariknya lagi, presentasinya disajikan dalam keadaan dingin lho.

Untuk isinya sendiri ada bubur yang disiram dengan saus rebus plus beberapa isinya seperti sawi, cabai, tauge, mentimun, telur, daging, atau juga kentang. Coba saja kamu makan.

Memang terasa agak aneh tapi, begitu menggoda di mulut. Dijamin, sekali mencicipi Anda pasti akan ketagihan.

Saat ini tidak banyak pedagang yang menjual menu yang satu ini. Hanya ada beberapa dengan harga mulai dari 15 ribu. untuk satu mangkuk.

13. Soto Tangkar

foto: https://www.instagram.com/dad_dish/

Indonesia adalah salah satu negara dengan menu soto terlengkap. Sebab, banyak sekali daerah yang memamerkan menu yang satu ini. Rasanya sesuai dengan daerah masing-masing. Jadi, jika Anda punya waktu, Anda harus mencoba semua rasanya. Termasuk yang ada di Bekasi.

Konon makanan ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda lho. Jadi, sudah berumur ratusan tahun. Pantas saja kuliner ini tetap bertahan karena rasanya juga enak dan isinya sangat lengkap. Ada paru-paru, babat, iso, tulang rusuk dan juga usus, ditambah dengan bawang goreng iris, tomat, dan daun bawang.

Anda dapat memilih saus yang dipisahkan dengan nasi atau disatukan. Untuk harganya sendiri bervariasi. Ada yang menjualnya seharga 10 ribu rupiah hingga 25 ribu rupiah. Tergantung pada berapa banyak daging yang digunakan dalam satu menu. Biasanya hadir di pagi hari dan paling cocok untuk sarapan.

14. Mertua Sayuran

Makanan Khas Bekasifoto: https://www.instagram.com/adellaalgadrie/

Ini adalah rasa terakhir dari Bekasi yang bisa Anda makan. Namanya memang cukup unik, sayur besan. Nah, biasanya makanan ini akan disajikan di pesta pernikahan. Sebab, nama mertua itu sendiri berarti terkait erat dengan pernikahan.

Bahan utamanya adalah terubuk telur yang dimasak menggunakan saus santan yang cukup enak. Sayangnya, menu ini bisa dikatakan langka, lho. Untuk bahan tambahan menggunakan kentang, pisang, bawang putih, bawang merah, pasta udang atau udang kering.

Beberapa restoran perlahan menyajikan sayuran yang sebenarnya memiliki rasa yang sangat lezat. Namun, hanya restoran tertentu, dengan harga mulai dari 40 ribu. Tergantung kontennya, biasanya dibuat dengan menambahkan bahan-bahan seperti daging atau ayam.

Jika melihat memang makanan bekasi yang khas tidak terlalu banyak. Berbeda dari berbagai tempat lain. Maklum, daerah ini masih dalam keluarga yang sama dengan Betawi. Lebih banyak kuliner memasuki arah Betawi.

Ulasan Sebelumnya -> 29 Makanan Khas Pekanbaru

Tidak ada perbandingan dengan makanan khas Bekasi, tidak jauh berbeda dengan makanan Betawi. Ada banyak yang baik daripada tidak menyenangkan. Jika Anda berkunjung, Anda harus diundang satu per satu. Menerima tidak terlalu sulit. Tersedia di beberapa pusat hadiah. Jadi, yang mana yang ingin Anda beli? Jangan lupa mengundang semua orang untuk membuka semua menu.

Ulasan Hotel Anti Mainstream Murah Dekat Borobudur

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

DON'T MISS