Tempat Wisata di Bogor Paling Hits Terbaru 2020


jani.guest@yahoo.com

Tempat wisata di Bogor sudah tidak diragukan lagi. Kawasan yang terkenal dengan Kebun Raya ini menjadi tempat favorit warga ibukota berlibur. Selain udaranya yang sejuk. Hampir seluruh tempatnya menghadirkan keindahan yang berbeda dari yang lainnya.

Kota yang mendapatkan julukan sebagai Kota Hujan mendapat juluk Buitenxorg oleh Belanda. Artinya adalah tanpa pengurangan atau aman tenteram. Maklum, terlebih dahulu Bogor hanya desa kecil pinggiran yang jarang dilalui oleh orang. Menurut sejarah, kawasan ini merupakan berdirinya kerajaan Tarumanegara.

Tidak hanya menarik dari sisi sejarahnya saja. Bogor juga menarik dengan hadirnya beberapa objek wisata nan mengesankan. Penasaran, mana saja yang harus anda kunjungi selama menjelajah Kota Hujan ini? Mari simak perjalanannya di bawah ini.

1. Gunung Kapur Klapanunggal

Wisata di Bogor ini tergolong masih baru. Terletak di Desa Klapanunggal, Cileungsi, Bogor. Sebelum menjadi objek wisata, kawasan ini dahulunya merupakan pertambangan batu kapur sebagai bahan untuk membuat semen. Sehingga, saat ini anda bisa melihat keunikan dari bentuknya.

Ada banyak spot menarik yang bisa anda manfaatkan untuk foto-foto. Salah satunya adalah Gunungan pasir yang tampak masih banyak. Dari aktivitas pertambangan, membuat Kawasan ini mempunyai Goa yang indah dan unik. Menjelajahnya adalah sebuah kewajiban, dengan bentuknya yang instagramable.

Ada juga bebatuan yang berbentuk ibu jari. Tempat ini sangat hits dan dijadikan sebagai spot foto utama. Anda juga bisa melihat aliran air terjun. Walau, tidak deras, Namun tetap memberikan warna tersendiri bagi objek wisata ini. Menuju ke sini bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Bahkan, tidak sedikit wisatawan yang menggunakan sepeda. Medan yang dilalui cukup menantang. Itulah alasan mengapa banyak yang datang kesini menggunakan sepeda daripada kendaraan pribadi. Bagi anda pemburu sunrise dan sunset. Tempat wisata di Bogor ini juga punya panoramanya.

Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikannya. Saking instagramablenya, tempat ini digunakan untuk foto prewedding lho. Anda bisa coba merasakan sensasi dan hasilnya.

2. Bukit Alesano

Tempat wisata di Bogor terbaru ini terletak di kawasan Cijeruk. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp10.000,-. Untuk fasilitasnya cukup lengkap mulai dari mushola, toilet yang terjaga kebersihannya. Serta ada beberapa warung yang menyediakan berbagai macam menu makanan, camilan, dan minuman.

Bila ingin mengisi daya, anda bisa numpang charge di warung. Tempat ini sudah disediakan camping ground. Disini, mampu menampung sekitar puluhan tenda. Bagi yang tidak membawa peralatan camping. Anda bisa menyewanya lengkap dengan harga yang bervariatif.

Ada beberapa alasan mengapa anda wajib kesini. Salah satunya adalah banyaknya spot foto yang menarik dan kece. Saat malam hari anda bisa melihat city light kota Bogor benar-benar mengesankan. Ada pemandangan mengesankan yang bisa anda temukan.

Seperti, Pemandangan Gunung Gede dengan sudutnya 360 derajat. Anda juga bisa melihat pesona matahari terbenam dan juga matahari terbit yang mengesankan. Hanya saja, anda harus siapkan tenaga. Waktu terbaik datang kesini sekitar pukul 3 sore. Anda bisa mendapatkan semuanya.

3. Taman Mekarsari

Wisata Bogor ini terletak di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM 3, Mekarsari, Cileungsi. Keunggulan dari tempat ini adalah hadirnya tanaman buah, sayur, bunga, tropika, dan hias. Luasnya kurang lebih 264 Hektar. Untuk harga tiketnya mulai dari Rp50.000,- sampai Rp100.000,- saja.

Tidak hanya memandang tanaman saja, anda juga bisa menikmati berbagai macam atraksi permainan. Seperti, ATV, Speed Boat, Banana Boat, Perahu naga, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa belajar banyak hal mengenai tanaman yang ada disini bersama para ahlinya.

Petualangan di Taman ini, anda bisa menikmati wahana peternakan. Seperti, Memberi makan ikan, domba, kura-kura, burung, hamster. Anda juga bisa berkesempatan untuk naik kuda atau memancing ikan di kolam, bila bisa mendapatkannya. Bisa dibawa pulang untuk dibakar atau digoreng.

Jika, tidak ingin capek. Cobalah Fasilitas Family Train Tour yang akan mengantar anda pergi ke berbagai perkebunan. Mulai dari melon, Belimbing, Salak dan berbagai macam buah lainnya. Fasilitas terakhir anda bisa menikmati bagaimana caranya menanam padi, melukis caping, atau memandikan kerbau.

Tidak hanya paket untuk orang dewasa saja atau juga keluarga. Taman Mekarsari juga menyediakan paket untuk siswa sekolah. Mereka akan diajak untuk menanam pohon dan menghijaukan kembali bumi ini. Di setiap tour akan ada pemandu yang mengarahkan anda dan menjelaskan detail bagaimana perkebunan di Taman ini.

4. Curug Ciherang

Objek wisata Bogor ini sungguh menarik dengan tiga tingkatan yang bisa anda nikmati. Untuk harga tiketnya Rp40.000. Ada banyak hal yang bisa anda temukan disini. Terutama, bagi anda yang suka selfie di alam terbuka. Curug Ciherang menjadi spot terbaik di Bogor.

Anda harus berhati-hati menuju ke lokasi curug. karena, trek yang harus dilalui adalah bebatuan. Hanya saja, sangat licin, bisa membuat anda terjatuh bila alas kaki kurang tepat. Tetapi, pemandangan di sekitar cukup mengesankan dengan pepohonan hijau yang berjajar rapat.

Debit airnya sangat deras dan jernih. Inilah alasan utama mengapa banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah hadirnya kolam renang dengan wahana permainannya yang dijamin seru. Pesona lainnya adalah hadirnya Rumah Pohon Jonggol dan jembatan gantung yang tidak bisa terpisahkan.

Anda harus coba dan jangan lupa mengabadikan keduanya ke dalam kamera. Bila ingin hasil foto maksimal, tidak ada salahnya untuk meminjam kostum khas korea. Soal penginapan, tempat wisata di Bogor yang mempunyai ketinggian 900 Mdpl ini sudah banyak pilihan.

Ada Villa, homestay, atau juga camping area. Fasilitas lainnya ada toilet, kamar mandi, kamar bilas, mushola, dan warung makan. Curug Ciherang terletak di Dusun Sinar Jaya, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur.

5. Situ Gede

Objek wisata di Bogor ini terletak di Desa Cikarang, Kecamatan Dramaga. Salah satu pesona tercantik yang ada di Kota Hujan ini. Mempunyai kedalaman 6 meter dan luas mencapai 6 hektar. Tempat ini menjadi pusat rekreasi bagi warga Bogor karena suasananya yang asri dan menyenangkan.

Ada banyak kegiatan yang bisa anda nikmati disini, mulai dari memancing, menikmati berbagai permainan. Ada perahu, bebek air yang bisa disewa untuk berkeliling. Sebelum digunakan sebagai kawasan wisata, danau yang melimpah air ini digunakan sebagai sarana irigasi sawah.

Tidak jauh dari tempat ini, ada makam tokoh penyebar ajaran agama Islam yang begitu disegani, beliau bernama Eyang Prabudilaya. Konon makam beliau dikeramatkan oleh warga. Menuju ke Objek wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau juga transportasi umum.

Tujuan pertama adalah Terminal Baranangsiang kemudian naik angkot 03 menuju ke Bubulak. Kemudian, naik angkot menuju ke Cikajang. Untuk harga tiket masuknya 4 ribu rupiah saja.

Kunjungi juga –> 16 Tempat Wisata di Subang Terbaru

6. Pura Jagatkarta

Tidak hanya di Bali saja yang punya Pura megah. Bogor juga punya dan menjadi yang terbesar di Pulau Jawa. Menuju ke atas, anda harus sedikit mengeluarkan tenaga dengan naik anak tangga berjumlah 40. Sebelum pergi ke atas, patuhi terlebih dahulu peraturan yang sudah ditulis. Agar perjalanan selama liburan ditempat ini berjalan aman dan nyaman.

Tempat wisata di Bogor Jawa Barat ini terletak di Lereng Gunung Salak. Suasananya sangat sejuk, tenang dan damai. Disini, anda hanya diperbolehkan sampai gapura saja. Selebihnya tidak diizinkan. Kecuali, anda adalah umat Hindu yang ingin melakukan peribadatan. Lokasi Pura ini terletak di Desa Ciapus, Kecamatan Tamansari.

Dibuka untuk umum pada pukul 11 siang sampai 3 sore. Anda tidak akan dikenakan biaya masuk. Hanya dipersilahkan mengisi seikhlasnya. Pemandangan dari atas sini memang mengesankan, anda juga bisa beristirahat di pelataran yang sudah disediakan. Tetapi, tidak boleh menyentuh apapun disini.

7. Sindang Barang

Tempat wisata di Bogor ini terletak di Jl. Endang sumawijaya, Rt.02, Rw.08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa pasir Eurih, Tamansari, Bogor. Kawasan ini adalah kampung adat yang konon menjadi kampung tertua di Bogor yang sudah berdiri sejak zaman kerajaan Sunda. Atau sekitar abad ke 12.

Untuk harga tiket masuk dan paket kegiatan anda bisa bayar mulai dari Rp15.000 sampai Rp600.000. Banyak hal yang akan anda dapatkan disini. Jangan lupa untuk bawa kamera agar beberapa tempat menghadirkan spot yang menarik. Seperti, jajaran rumah adat. Namanya adalah Imah Gede, biasanya, warga berkumpul di tempat ini.

Bermusyawarah, bisa juga dijadikan sebagai tempat menyimpan lumbung padi. Atau menyambut dan menerima tamu dari luar. Banyak kegiatan seni dan budaya tersaji disini. Seperti tarian jaipongan, Numbuk padi, nandur hingga memandikan kerbau menjadi daya tarik yang tidak bisa terhindar.

Kegiatan lainnya, anda bisa bermain peralatan tradisional yang sering dimainkan anak-anak Kampung Sindang Barang. Semua peralatannya sudah disiapkan, anda tinggal belajar saja. Bagi anda yang menyukai wisata sejarah, tidak ada salahnya berkeliling menyusuri benda purbakala.

Jumlahnya ada 90 titik, dimana 33 buah adalah bukit berundak yang merupakan peninggalan kerajaan Pajajaran. Situs yang tersedia disini adalah Batu Dakon, Batu Kursi, Batu Tapak, dan Menhir. Di sini anda juga bisa merasakan pijat tradisional dengan metode khas sunda yang nikmat dan nyaman.

Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah mengarungi sungai ciberang dan menginap di rumah panengen dan pangiwa. Terdapat 7 kamar dengan fasilitas yang memadai dan nyaman digunakan untuk istirahat.

8. Museum Tanah

Nama museum Tanah menjadi kawasan wisata yang masih terdengar asing. Didirikan pada 29 September 1988. Sisi menariknya di sini adalah hadirnya berbagai macam tanah yang mendukung di bidang pertanian. Sempat ditutup lama, kawasan ini baru dibuka kembali pada tahun 2017.

Anda juga bisa menyaksikan koleksi bebatuan yang menarik di dalam lemari. Seperti andesit, rijang, sekis dan masih banyak lagi. Selanjutnya, anda akan dibawa bagaimana proses tanah berlangsung. Mulai dari perkembangan-perkembangannya. pembentukan hingga pengelolaan yang dipengaruhi oleh banyak hal.

Untuk tiket masuknya anda tidak dikenakan biaya sepeser pun. Buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 3 sore. Saat jam makan siang pukul 12 sampai 1 siang. Kawasan ini akan tutup. Lokasi Tempat wisata di Bogor ini terletak di Jl. Ir. H. Juanda, Kecamatan Bogor Tengah.

9. Pemandian Gunung Peyek

Keindahan Kota Hujan ini memang tidak bisa ditandingi. Dimana, di salah satu sudutnya. Tepatnya, terletak di Ciseeng, Kecamatan Ciseeng terdapat sebuah Jacuzzi yang benar-benar menawan. Terletak di lereng Gunung peyek membuat suasananya benar-benar membuatmu terbuai dan enggan pergi.

Setibanya di lokasi anda bisa melihat tiga lubang yang menawan mengalir air panas yang seakan tidak pernah surut walau dimusim kemarau. Bau belerangnya tercium cukup pekat di waktu-waktu tertentu. Anda bisa berendam dan merasakan manfaat luar biasa.

Banyak wisatawan merasakan tubuhnya menjadi lebih segar dan bugar setelah berendam di tempat ini. Sayangnya, untuk bisa masuk ke lokasi. Membutuhkan sedikit perjuangan. Karena, anda harus melewati sawah-sawah, tanah berlumpur dan becek. Waktu terbaik berkunjung ke sini adalah saat musim kemarau dan sore hari.

Pemandian ini terletak di area persawahan. Saat hujan datang dengan petir yang menyambar. Kemungkinan besar anda bisa kena. Jadi, usahakan berkunjung ke tempat ini dalam kondisi cerah.

10. Taman Safari Bogor

Inilah taman safari terbesar di Indonesia yang mempunyai banyak koleksi satwa yang jumlahnya mencapai 2500 dan 5000 pohon. Satwa langka sedang dilindungi pun bisa anda nikmati disini. Untuk harga tiketnya mulai dari 160 ribu sampai 400 ribu rupiah.

Menariknya, di kawasan ini anda juga bisa melihat pesona taman pada malam hari yang akan dibuka pada pukul 5 sore sampai 9 malam. Ada banyak hal yang bisa anda nikmati selain melihat hewan. Seperti, mengelilingi kebun selama 45 menit dengan berbagai zona yang bisa anda saksikan. Termasuk melihat hewan-hewan buas.

Anda juga bisa melihat pertunjukan baby zoo seperti singa, macan, orang utan dan juga harimau. Anda juga bisa melihat pertunjukan hewan yang lain jumlahnya kurang lebih 9 pertunjukan. Selain itu ada 20 wahana permainan yang sudah disiapkan untuk menghibur anda.

menuju ke objek wisata ini bisa menggunakan transportasi umum. Turun di Stasiun Bogor. Kemudian, lanjutkan dengan menggunakan angkutan 02 menuju sukasari. Selanjutnya, ganti dengan angkot biru 03 menuju ke Cisarua.

Ada banyak fasilitas menarik yang sudah disediakan. Mulai dari mushola, toko yang menyediakan berbagai macam cinderamata. Kereta mini dan Bus yang bisa anda gunakan gratis. Jangan lupa juga menikmati berbagai sajian makanan dan minuman yang nikmat di restoran yang tersedia di kawasan ini.

Datang juga ke –> 16 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru

11. Curug Bidadari

Liburan ke Bogor ada yang kurang kalau belum mengunjungi Curug Bidadari. Terletak di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan. Tingginya mencapai 40 – 45 meter dengan lebar 7 meter. Warga sekitar masih menyebutnya dengan nama Curug Bojong Koneng.

Untuk harga tiket masuknya mulai dari 30 ribu sampai 50 ribu rupiah saja. Karena, dipercaya sebagai tempat mandi para bidadari. maka, dinamakan sebagai Curug Bidadari. Keunikan lainnya, anda bisa mendapatkan spot foto berupa jembatan yang terbuat dari kayu, serta batu belah yang sangat menarik.

Di kawasan Curug ini juga sudah dibangun wahana waterpark. Dimana, air kolamnya diambil dari aliran air terjun bidadari. Dilengkapi dengan pasir putih nan halus yang diambil langsung dari Bangka. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini.

Mulai dari berenang, bermain sepeda air, atau juga seluncuran. Sudah disediakan persewaan pelampung agar menambah keseruan. Spot-spot foto juga sudah disiapkan. Menariknya lagi, anda disuguhkan dengan saung kuliner yang nikmat dan juga lezat. Dijamin anda pasti ketagihan.

Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah Flying Fox, Perahu tangan, Terapi ikan selama 30 menit serta area seluncuran dengan pemandangan curug. Cukup tinggi dan sangat disarankan bagi anda yang ingin memacu adrenalin.

12. Suaka Elang Loji

Tempat ini memang asyik dikunjungi karena, anda bisa menyaksikan penangkaran Elang. Hewan yang saat ini dilindungi.Kawasan ini menjadi pusat penangkaran mulai dari merawat burung yang terluka, menetaskan telur, sampai dilepas ke alam bebas bila mereka sudah siap. Anda bisa menikmati semuanya bila beruntung. Karena, belum semua hewan bisa dilepas liarkan setiap harinya.

Kawasan ini terletak di Kampung Loji, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong. Selain melihat Elang. Anda juga bisa menikmati beberapa spot foto. Ada jembatan gantung yang menjadi lokasi favorit wisatawan. Area hutan pinus yang selalu jadi sasaran untuk mendirikan hammock.

kandang-kandang burung elang yang cukup banyak dari berbagai macam jenis. Serta area camping ground yang dekat aliran sungai. Karena, sungainya sangat jernih dan bersih, anda bisa langsung meminumnya. Terakhir, anda bisa mengunjungi Curug Cibadak. Tetapi, harus berjalan treking terlebih dahulu. Untuk harga tiket masuknya hanya 20 ribu rupiah per orang.

13. Gunung Pancar

Kawasan alam di Bogor memang menyenangkan salah satunya adalah Gunung pancar yang mempunyai suasana dingin, sejuk, teduh dan menenangkan. Terletak di ketinggian 800 Mdpl. Anda bisa menikmati berbagai macam kegiatan, seperti hammock.

Menikmati hutan pinus dengan cara santai ini, memang menjadi pilihan semua wisatawan, Ada juga berbagai aktivitas outbound seperti flying fox, paintball, Anda juga bisa menikmati hangatnya pemandian air panas dengan membayar 25 ribu rupiah.

Selain menikmati pesona alamnya, anda juga bisa melakukan aktivitas berolahraga seperti sepedaan. Atau mengunjungi beberapa makam yang dihuni oleh tokoh raja-raja. Pada bulan tertentu biasanya akan ada pertunjukan seni tradisional. Dan kawasan ziarah ini akan ramai oleh para peziarah.

14. Kebun Raya Bogor

Perjalanan terakhir yang kami rekomendasi untuk ada adalah Kebun Raya Bogor yang mempunyai keindahan luar biasa. Terletak di Jl. Ir. H. Djuanda, Paledang. Luas kawasannya mencapai 87 hektar. Ada banyak hal yang bisa anda nikmati disini. Dengan tiket masuk mulai dari 15 ribu sampai 50 ribu saja.

Saat masuk ke dalam kawasan ini, sudah ada kendaraan yang siap mengantar anda berkeliling, Selain itu, anda bisa juga melihat berbagai banyak tanaman dan museum hewan yang berisi fosil dan tulang-belulang. Bagi anda yang menyukai bunga anggrek. Anda bisa mengunjungi taman dan rumah kacanya.

Tidak hanya tanaman yang ada di Indonesia saja. Tetapi, ada di berbagai di dunia. Termasuk taman meksiko yang terkenal dengan beberapa kaktus. Anda juga bisa melihat pesona bunga tasbih yang berwarna merah kuning. Selain disuguhkan dengan taman, anda juga disuguhkan dengan beberapa makam kuno.

Ada dua pemakaman orang belanda dan mbah jepra yang selalu dikunjungi di waktu-waktu tertentu. Bagi anda yang sudah punya kekasih tetapi belum menikah. Jangan pernah mencoba jembatan merah yang konon menjadi pemutus cinta. Bagi mereka yang melewatinya. Entah benar atau tidak, namanya juga mitos.

Dari sini, anda juga bisa melihat halaman belakang istana negara Bogor yang dibatasi dengan danau. Disana, anda juga bisa melihat bunga teratai yang berjajar, menarik sekali dijadikan sebagai salah satu objek foto.

Review Sebelumnya –> 14 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru

Tempat wisata di Bogor memberikan bukti bahwa kota ini masih menjadi pusat wisata di Jawa barat. Panorama alamnya lengkap, pemandangan memukau, dan suasana yang sejuk. Tidak heran bila banyak pengunjung berbondong-bondong pergi ke tempat ini, apalagi saat akhir pekan. Kalau anda, sudah pernah ke Bogor?

Vlog ke River Walk Boja yang Lagi Hits

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

DON'T MISS