Tempat wisata di cirebon yang terbaru & terbaru 2020


Tempat wisata di cirebon yang terbaru & terbaru 2020

Tempat wisata di Cirebon saat ini mulai tumbuh dan berkembang. Sejalan dengan itu, dunia pariwisata Indonesia juga berkembang pesat. Tidak banyak tempat wisata. Namun, kota yang kini dikenal sebagai Kota Tilang ini wajib dikunjungi.

Alasan kenapa harus kesini karena Cirebon itu unik. Apalagi rakyat, gabungan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ada yang beraksen Sunda, ada yang tegal. Selain itu, kelezatan kuliner yang disajikan tidak kalah nikmat dengan tempat lain.
Keunikan yang bisa Anda dapatkan adalah Cirebon merupakan satu-satunya kota yang memiliki 3 keraton sekaligus.

Menariknya, kota ini menjadi persinggahan para traveller yang ingin pergi ke Jakarta atau Surabaya. Tak heran jika kota ini memiliki rute tersibuk di Indonesia.

Lalu, apa yang kami rekomendasikan untuk Anda saat berkunjung ke Cirebon? Ada banyak yang mulai dari keraton, pantai, perbukitan, hingga mengunjungi makam. Berikut ini adalah tempat-tempat menarik di Cirebon yang bisa Anda kunjungi, meski menarik.

1. Wisata penyu belawa

berwisata di cirebonfoto: https://www.instagram.com/pesonacikuya/

Wisata di Cirebon ini terletak di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat. Luasnya mencapai 2 ribu meter persegi. Disini anda akan disuguhkan dengan penyu. Mulai dari yang diawetkan yang sudah mati. Sampai perawatan.

Anda juga bisa melihat kolam pemeliharaan dengan ukuran 620 meter persegi yang digunakan untuk bermain hewan tersebut. Ada juga tempat penetasan, serta pemeliharaan tukik kecil yang lucu. Jika Anda setuju, telur hewan yang dapat hidup di udara dan di darat ini meningkat 21 mm menjadi 33 mm.

Kura-kura dewasa beratnya bisa mencapai 80 kilogram. Usia mereka sendiri bisa sampai 150 tahun. Makanan favoritnya adalah ikan rucah, ayam, dan singkong. Jumlahnya saat ini sudah mencapai 400 ekor. Hewan ini memiliki mitos yang berkembang di masyarakat.

Dimana dulu ada santri yang bersemedi di Sumur Pamuruyan. Tiba-tiba seekor kura-kura putih muncul dari dalam sumur. Dari cerita tersebut, hingga saat ini hewan tersebut dikeramatkan dan tidak ada yang berhasil diperdagangkan. Anda juga bisa selfie dengan mereka. Harga tiketnya sendiri hanya Rp 3.000.

2. Setu Patok Mundu

tour terbaru di cirebon
foto: https://www.instagram.com/za_inst/

Wisata Cirebon terletak di Gunung Ciremai yang terletak di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kota Cirebon. Keunikan danau ini dimanfaatkan warga untuk mencuci sepeda motor atau mobil. Bagi anda yang ingin mengcopynya bisa, dan gratis.

Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati di sini adalah wahana ATV, kolam renang hingga permainan paintball. Luas areanya mencapai 30 hektar dan dilengkapi dengan area camping. Salah satu pesona yang tidak akan pernah pudar adalah Gunung Ciremai yang menjulang tinggi.

Pemandangannya akan semakin berkesan saat Anda tiba di sore hari. Di tengah danau ini terdapat sebuah bukit yang bisa anda kunjungi dan lihat keindahan danau ini. Harga sewa kapalnya sendiri Rp 20.000 untuk pulang pergi. Fasilitas lain yang bisa hadir adalah toilet dan kamar mandi yang bersih. Untuk harga tiketnya sendiri gratis begitu juga dengan biaya parkir.

3. Istana Kasepuhan

tempat wisata di cirebonfoto: https://www.instagram.com/zihnufm/

Tempat wisata Cirebon ini terletak di Jl. Kasepuhan No. 43, Kasepuhan, Lemahwutut, Cirebon, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuk mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Prioritas, buat yang suka selfie. Memilih, Istana Kasepuhan adalah tempat terbaik.

Banyak hal unik yang dihadirkan di sini. Mulai dari jalan setapak, jembatan di atas sungai kecil. Kemudian, campuran bangunan. Gerbang masuknya bergaya Hindu, ada juga tembok yang di tempel dengan keramik khas Cina. Dan masih banyak lagi yang bisa dieksplorasi disini.

Arsitekturnya sangat menawan dengan cat putih yang dipadukan dengan dinding bata. Pepohonan hijau dan rerumputan menghiasi taman. Suasananya berbeda, saat pertama kali menginjakkan kaki terasa tenang, sejuk dan kalem. Istana ini memiliki 3 budaya, Eropa, Jawa dan Tionghoa.

Anda bisa melihat di antara bangunan paviliun. Dimana jumlah rukunnya 5 dan 6. Hal ini selaras dengan rukun iman dan islam. Sedangkan Chinese Concept memadukan unsur feng shui dengan konsep tata letak Eropa yang elegan.

Sedangkan yang beragama Hindu, Budha, dan Islam. Seperti istana di Indonesia. Anda juga bisa melihat persenjataan, serta alat transportasi yang digunakan istana saat itu. Salah satunya adalah kendaraan Sunan Gunung Jati, KA Sunan Barong.

Dimana, bentuknya merupakan gabungan dari 4 hewan sekaligus. Ada gajah, harimau, elang, dan naga. Di sini, Anda juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Cirebon atau kebutuhan kuliner yang bisa Anda nikmati. Sayang kalau dilewatkan begitu saja.

4. Pantai Kejaraan

tempat wisata di cirebonfoto: https://www.instagram.com/rahmathl/

Terletak di pantai utara Jawa, kota ini memiliki pantai. Meski tidak seperti Indramayu. Namun, cukup menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Cirebon ini terletak di Desa Pegambiran, Kecamatan Lemahwudul, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Ada mitos unik yang dipertanyakan oleh masyarakat sekitar. Dimana bila berendam di pantai ini, dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kenyataannya sangat menyenangkan dan menyenangkan. Apalagi berbagai pemandangan yang disuguhkan saat senja.

Siluet perahu yang sedang bersandar bisa dijadikan alasan, berburu foto pantai ini adalah suatu keharusan. Selain panoramanya, Anda juga bisa membeli perahu nelayan seharga Rp 10.000. Kemudian berkeliling ke berbagai penjuru pantai. Angin sepoi-sepoi membuat tidak bisa lupa.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah menikmati citarasa kuliner Cirebon. Nasi Jamblang dengan ikan, lalapan, dan sambal terasi. Menu favorit kami saat berkunjung ke sini. Rasanya benar-benar otentik.

Jika Anda ingin membuat lauk ikan Anda sendiri di rumah. Anda bisa pergi ke pos pemancingan. Ada banyak ikan yang bisa Anda tangkap dan dapatkan sendiri. Terakhir jangan lupa mandi lumpur yang bisa melembutkan kulit karena mengandung mineral yang tinggi.

Datang juga ke -> 20 Tempat Wisata di Kuningan

5. Istana Kanoman

tempat wisata di cirebonfoto: https://www.instagram.com/elzfajar/

Setelah puas berkeliling Keraton Kasepuhan. Tidak ada satu pun kunjungan wisata sejarah lainnya. Jaraknya tidak terlalu jauh, terletak di Jl. Kanoman No.40, Lemahwutut, Cirebon, Jawa Barat. Didirikan oleh Sultan Anom I pada tahun 1588 M. Luasnya mencapai 6 hektar dengan dominasi bangunan berwarna putih.

Tempat wisata di Cirebon, Jawa Barat ini memiliki pendopo, didalamnya terdapat altar yang menyimpan koleksi masakan eropa yang cantik. Untuk harga tiket masuknya sendiri dikenakan biaya Rp 10.000. Spot foto disini juga lumayan banyak.

Anda akan dibawa ke masa lalu, dengan pemandangan taman yang dihiasi dengan benteng-benteng masa lalu. Koleksi museumnya cukup lengkap, mulai dari kereta yang diacungi jempol, senjata, hingga pintu berukir yang menarik dipandang mata. Ada lagi tombak, gamelan, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa membaca sejarah Cirebon melalui Witana. Panggung tanpa atap dan dinding. Menjadi tempat tinggal sementara bagi raja. Istana itu sendiri terbagi menjadi 4 bagian. Menariknya, hampir semua bagian memiliki spot fotonya masing-masing.

Sisi menarik lain dari tempat wisata di Cirebon ini adalah sumur 7. Jumlahnya 7, hanya 5 yang bisa dilihat karena bertemu di luar keraton. Sedangkan 2 lagi hanya bisa dilihat saat maulid Nabi saja. Sumur-sumur ini konon memiliki manfaatnya masing-masing.

Menjadi tempat yang sakral dan sakral. Salah satunya adalah pesta pernikahan. Konon jika seorang wanita sulit mencari jodoh. Bisa mandi disini dan bawa air pulang.
Benar atau tidak, semuanya kembali kepada Anda. Disini memiliki kotak yang cukup luas. Setiap ultah Nabi biasanya ada pertunjukan di sini. Berbagai kuliner khas Cirebon bisa Anda lihat dan nikmati.

6. Bukit Gronggong

wisata terbaru di cirebonfoto: https://www.instagram.com/mommykirana/

Tempat wisata terbaru di Cirebon yang satu ini memang layak untuk dikunjungi. Pemandangannya yang mengesankan menjadi sajian yang sepertinya tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Namanya Bukit Gronggong. Tidak ada biaya masuk alias gratis.
Keunggulan kawasan ini adalah pemandangan kota pada malam hari. Sungguh mempesona dengan kelap-kelip lampu yang hampir seperti bintang bikin mata enggan untuk meledak. Bukit terbaik saat musim hujan.

Pohon-pohon akan datang lebih dulu, dari pada datang di musim kemarau yang bisa dibilang agak gersang. Disini sudah terdapat sebuah rumah makan yang cukup terkenal dan di jadikan sebagai tempat untuk melihat pemandangan bukit yang bernama rumah makan Klapa Manis.

Berbagai macam pilihan menu seperti jagung bakar, teh, dan kha food tersedia lengkap di sini. Di sekitar bukit juga tersedia room service dengan harga mulai dari 200 ribuan saja. Nuansanya juga bervariasi sesuai dengan tarif yang Anda bayarkan.

Fasilitas yang diberikan oleh pihak penginapan juga tergolong mewah. Namun, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu. karena termasuk ruas jalan Cirebon – Kuningan. Tak heran jika Sabtu Minggu kawasan ini akan ramai dikunjungi wisatawan.

7. Masjid Agung Cipta Rasa

Masjid ini dibangun pada tahun 1480 sebagai hadiah dan wujud cinta Sunan Gunung Jati kepada istrinya, Nyi Mas Pakungwati. Sebagai arsitek ia menunjuk Sunan Kalijaga dan Raden Sepat. Melibatkan kurang lebih 500 orang yang didatangkan dari Majapahit dan Demak.

Berlokasi di Jln. Kasepuhan No.43, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwudul, Kabupaten Cirebon. Masjid ini memiliki beberapa keunikan, pertama bisa dilihat dari namanya. Jangan mengadopsi nama atau huruf Arab dalam Alquran. Melainkan, sebagai bentuk rasa syukur atas cinta yang Tuhan berikan kepada Sunan Gunung Jati.

Tempat ini juga tidak memiliki kubah, atapnya berupa prisma atau limas seperti atap rumah orang Jawa. Bangunan tersebut merupakan perpaduan antara Hindu dan Budha, Tiongkok, Majapahit, Demak dan Cirebon. Jika anda pernah kesini, anda bisa melihat bagian depannya yang diukir dengan huruf arab yang sampai sekarang masih terlihat cantik.

Di ruang utama memiliki luas 400 meter persegi dengan sudut 30 derajat ke arah barat. Anda juga bisa menyaksikan ukiran bunga teratai yang dibuat oleh Sunan Kalijaga.

8. Taman Sari Gua Sunyaragi

Tempat wisata di Cirbeon Jawa Baratfoto: https://www.instagram.com/liviayuanita/

Tempat wisata di Cirebon yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Bangunannya mirip candi tapi lebih unik. Konon tempat ini digunakan untuk beristirahat dan bersemedi bagi para sultan dan raja Cirebon. Luas areanya sendiri mencapai 15 hektar.

Nama Sunyaragi berasal dari dua kata. Sunya yang artinya tenang. Sedangkan ragi adalah tubuh. Diambil dari bahasa Sansekerta yang bila digabungkan memiliki arti bermeditasi atau mengasingkan diri. Tempat ini sendiri dulunya adalah taman air. Sebab, di bawahnya terdapat air yang disebut Danau Jati.

Sayangnya, danau tersebut sekarang kering, jadi Anda hanya bisa melihat seperti apa bentuknya sekarang. Menurut kepercayaan, gua ini memiliki mitos bahwa wanita yang belum menikah dilarang menyentuh patung batu perawan sunti.

Saya mungkin tidak mendapatkan jodoh, untuk mengatasinya jika tidak sengaja tersentuh harus berjalan kaki ke Gua Kelanggengan yang dipercaya bisa membawa jodoh. Lokasi objek wisata ini terletak di Jl. Bypass Brigjen Dharsono, Sunyaragi, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat.

Untuk harga tiket masuknya dikenakan biaya Rp 10.000. Bagi yang setuju dengan guide, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000. Jika Anda melihat struktur bangunannya sendiri, itu adalah perpaduan gaya Timur Tengah, Eropa, Cina, Hindu dan Islam.

Saat ini Gua Sunyaragi dilengkapi dengan berbagai spot menarik yang bikin betah berlama-lama di sini. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi atau sore hari. Tapi jangan lupa bawa topi atau penutup kepala, panasnya bisa bikin pusing kepala.

Kunjungi juga -> 18 Tempat Wisata di Sumedang

9. Makam Sunan Gunung Jati

Tempat wisata di Cirebon selanjutnya adalah Makam Sunan Gunung Jati. Ia adalah seorang wali songo yang menyebarkan ajaran Islam di Tanah Jawa. Sangat dihormati bahkan sampai hari ini. Oleh karena itu kompleks tersebut memiliki luas 500 hektar. Terbagi menjadi dua bagian.

Pertama, terdapat 500 makam yang terletak di Gunung Sembung, tempat tinggal istrinya, Putri Ong Tien Nio atau Nyi Ratu Rara Semanding, berasal dari Tiongkok. Banyak jamaah yang datang untuk meminta berkah khususnya pada malam Jumat.

Untuk harga tiket masuknya tidak akan dikenakan biaya, cukup berdonasi secara sukarela sebagai dana kebersihan. Keunikan dari wisata religi ini adalah letak Makam Sunan yang berada di level sembilan. Setiap level memiliki pintu dan namanya sendiri.

Setelah sampai di area makam, Anda akan disuguhkan dengan aksen budaya Tionghoa yang kental. Seperti keramik, dan piring bisa Anda lihat. Sedangkan arsitektur makamnya memadukan bahasa Jawa, Cina dan Arab. Coba datang berkunjung dan jangan lupa doakan dia.

10. Wanawisata Ciwaringin

wisata cirebon di jabarfoto: https://www.instagram.com/jhafar_jheff/

Tempat wisata di Cirebon ini merupakan kawasan hutan kayu putih. Ditambah dengan nuansa hijau dan asri. Terletak di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. Harga tiketnya hanya Rp 10.000.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Seperti menjelajahi hutan menikmati semak, pepohonan, dan dedaunan yang bentuknya cukup unik seperti bulan sabit dan tumbuh subur secara alami. Pohon ini juga digunakan sebagai tanaman obat dan diproduksi menjadi minyak kayu putih.

Selanjutnya aktivitas memancing di suasana yang teduh dan teduh. Sebenarnya banyak sekali ikan disini. Hanya saja, harus bersabar untuk mendapatkannya. Selanjutnya ada wahana motor cross yang akan memacu adrenalin Anda.

Banyak trek menyenangkan yang bisa Anda ikuti. Di sini, Anda juga bisa melihat pertunjukan balap motor cross di tempat ini. Jangan lupa bawa kamera dan kantong plastik untuk membuang sampah agar tidak mencemari lingkungan.

11. Batu Lawang

wisata alam cirebonfoto: https://www.instagram.com/fandhi.agi/

Tempat wisata di Cirebon ini terletak di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jika dilihat dari view yang disajikan, kawasan ini akan persis sama dengan Tebing Breksi yang ada di Yogyakarta. Untuk harga tiket masuknya sendiri adalah Rp 10.000.

Nama Batu Lawang sendiri diambil dari 2 batu besar yang ada di tempat ini. Letaknya begitu begitu, membentuk sebuah pintu. Fasilitas yang bisa Anda nikmati disini adalah mushola, kamar mandi, saung.

Pesona lain yang bisa Anda nikmati adalah Hickey Cliff. Untuk kamu yang suka adrenalin. Tidak ada salahnya mencoba memanjat tebing. Untuk bisa naik, kamu hanya akan dikenakan biaya Rp 25.000. Ada juga hiburan berupa live music yang disediakan.

Bagi Anda yang suka menyanyi, bisa juga menyumbangkan lagu. Jadi, jangan lupa datang ke tempat ini dan nikmati segala keindahannya.

12. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Wisata Cirebon Jawa Baratfoto: https://www.instagram.com/lutywulandari/

Diantara semua tempat wisata di Cirebon. Kami sangat menyukai Cirebon Waterland Ade Irma Suryani. Apalagi setelah mempelajari sejarah beberapa kerajaan di kota yang pernah disebut Kota Udang. Berlokasi di Jl. Yos Sudarso, No.1, Lemahwutut, Cirebon, Jawa Barat.

Sebelum menjadi seperti sekarang ini, kawasan ini hanyalah taman biasa. Kemudian dilakukan renovasi hingga akhirnya kendaraan tersebut ditambahkan ke perairan. Lebih menarik dan terkesan modern. Untuk harga tiketnya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 70.000 saja.

Areal perairannya sendiri cukup luas, kurang lebih 3 hektar. Banyak permainan air telah disediakan di sini. Mulai dari ember tumpah, seluncuran air, kolam renang. yang dapat dibagi menjadi dua. Untuk anak-anak dan orang dewasa.

Berbicara mengenai orang dewasa, terdapat kolam dengan kedalaman 1,5 meter dan seluncuran air dengan ketinggian 10 meter. Anda berani mencobanya? Disini juga disediakan ban dan pelampung atau permainan bebek air untuk anda yang tidak mau basah-basahan.
Keunggulan lain dari kawasan ini adalah keberadaan Kapal Cheng Ho. Dengan konsep kapal yang unik dan menarik. Di sini, Anda bisa menikmati beragam menu makanan. Mulai dari makanan khas tradisional Cirebon seperti Nasi Jamblang. Bahkan yang western adalah sejenis steak.

Dari sini, Anda bisa melihat pemandangan laut Jawa Utara yang sungguh menakjubkan. Untuk melengkapi liburan Anda di sini, tempat wisata di Cirebon ini dilengkapi dengan penginapan terapung. Anda bisa merasakan bagaimana rasanya tinggal di laut. Saat pagi bangun, Anda akan disuguhkan pemandangan matahari terbit

Tempat ini juga menyelenggarakan paket pernikahan mulai dari foto prewedding hingga acara sakral. Dengan harga murah dan fasilitas mewah. Dijamin, momen seumur hidup Anda akan berkesan.

13. Keraton Kacirebonan

Perjalanan terakhir kita menyusuri tempat wisata di Cirebon adalah keraton ke-3 yaitu Kacirebonan. Terletak di Desa Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon. Harga tiketnya sendiri mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Didirikan pada tahun 1808 di mana Anda akan disambut dengan tulisan Jawa kuno di depan pintu masuk. Luasnya sekitar 46500 meter persegi. Ada banyak cerita tentang raja-raja Kanoman yang berjuang melawan penjajahan Belanda. Tempat ini lebih seperti rumah kuno yang berisi sejarah masa lalu.

Memasuki ruang tamu, digunakan untuk menyambut tamu raja. Menariknya, istana ini dibangun oleh Ratu Raja. Selain itu, ada koleksi kerajaan. Namun, koleksi yang dianggap sakral sebaiknya tidak dilihat.

Review Sebelumnya -> 18 Tempat Wisata di Purwakarta

Tempat wisata di cirebon merupakan salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan, semua berasa wisata kan ada sejarah, tokoh agama, pantai hingga perbukitan. Tak ada salahnya menikmati sensasi satu per satu. Dijamin kamu bakal betah berlama-lama di Kota Tilang ini.

Jelajahi Silent Lake of Baturraden yang masih sangat sepi

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

DON'T MISS