Tempat Wisata di Karimun Jawa Tebraru 2020 Terindah


Tempat Wisata di Karimun Jawa Tebraru 2020 Terindah

Tempat wisata di Karimun Jawa telah lama menjadi primadona dan ikon pariwisata Jawa Tengah. Pesona dunia bawah laut memang mampu mengalihkan dunia.

Keindahannya bisa dibandingkan dengan surga laut kelas dunia lainnya. Pantainya dan pasir putihnya tak kalah menawan.

Apalagi pemandangan langit senja terlihat romantis, jadi jangan sampai melewatkan momen ini tanpa foto. Tidak hanya sebatas pantai.

Tempat ini juga memiliki panorama lain melalui puncak bukit. Berikut beberapa rekomendasi tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi selama berada di Karimun Jawa.

1. Pulau Menjangan Besar

Tempat wisata di Karimunjawafoto: https://www.instagram.com/dronejember/

Tempat pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Menjangan Besar. Wisata di Karimun Jawa ini memiliki luas 56 hektar dan tidak berpenghuni.

Daya tarik utama kawasan ini adalah penangkaran beberapa satwa seperti penyu hijau dan penyu sisik. Anda dapat melihat bagaimana mereka bertelur sampai menetas.

Selain penyu, Anda juga bisa melihat penangkaran elang jawa, tigerfish, baracuda dan penyu. Tempat ini hanya berjarak 15 menit dari pulau utama Karimun Jawa.

Selain bisa melihat berbagai jenis hewan penangkaran. Anda juga akan disuguhkan dengan keindahan pantainya yang indah dan menawan. Apalagi soal pasir putihnya. Anda juga bisa menginap di tempat ini dengan pemandangan laut langsung.

2. Bukit Joko Tuwo

Wisata Karimunjawa
foto: https://www.instagram.com/elll_32/

Wisata Karimun Jawa merupakan tempat yang paling tepat untuk melihat keindahan matahari terbenam. Jaraknya hanya 1 kilometer dari dermaga.

Anda akan disuguhkan pesona pantai dan beberapa area penginapan dari atas bukit. Daya tarik lain yang bisa didapat adalah Tengkorak Paus.

Di puncak bukit, Anda akan disuguhkan tulang ikan yang memiliki panjang 12 meter dan lebar 2 meter. Selain itu, ada lagi tasbih yang beratnya mencapai 1 ton. Dibawa dari bukit Donorojo Jepara yang merupakan tempat pertapaan Ratu Kalinyamat.

Saran kami, sebelum ke tempat ini kosongkan dulu memory cardnya dan pastikan baterainya sudah penuh.

Pasalnya, setiap sudut memiliki spot foto yang menawan. Untuk menuju puncaknya, dibutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dari Lapangan Karimun Jawa.

Perjalanan menanjak harus dilalui dengan pepohonan rindang yang membuat udara lebih sejuk. Waktu terbaik untuk pergi ke tempat ini adalah pada sore hari.

Sekitar jam 3 sore. Jangan sampai terlambat, karena banyak turis yang akan datang berkunjung ke tempat ini. Jadi tidak bisa menemukan tempat terbaik untuk melihat sunset.

3. Pulau Pinus Besar

tempat wisata di karimun jawafoto: https://www.instagram.com/dark.capricorn/

Kawasan selanjutnya yang bisa Anda nikmati adalah Pulau Cemara Besar. Dari dermaga utama dibutuhkan waktu 30 menit dengan pemandangan laut biru dan terkadang ikan bawah air yang berenang.

Sayangnya kapal tidak bisa sampai ke pulau. Jadi, untuk sampai ke tempat wisata Karimun Jawa Anda harus berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer.

Namun, air laut dangkal yang dingin cukup membuat cuaca panas tidak terlalu menyengat. Sesuai dengan namanya, kamu akan disuguhkan dengan panorama pepohonan pinus.

Biasanya di tempat ini wisatawan datang untuk menikmati makan siang. Sebab, kawasan ini terkenal dengan kuliner ikan bakarnya. Suasananya juga cukup nyaman untuk memanggang ikan sambil menikmati hangatnya kebersamaan.

Waktu untuk berkeliling pulau hanya 15 menit. Selain itu, Anda juga bisa menikmati dunia bawah laut dengan snorkeling. Usahakan untuk membawa perlengkapan seperti kacamata dan sepatu katak.

4. Pantai Annora

pantai tersembunyi di karimunjawafoto: https://www.instagram.com/bugsnad/

Pantai Annora masih merupakan kawasan yang sepi, belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Hanya 30 menit dari Karimun Jawa Square. Untuk menuju kesana tidak perlu menggunakan kapal, bisa menggunakan kendaraan.

Suasana alam yang begitu megah dan menawan harus Anda rasakan di malam hari. Tempat ini telah menyediakan tempat untuk berkemah. Harapkan cuaca cerah. Sebab, Anda bisa menikmati suguhan sunrise. Untuk tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah.

Kawasan pantai Annora masih berupa kawasan hutan. Jadi, kamu harus jeli dalam memilih lokasi camping. Jangan terlalu dekat dengan hutan, sebaiknya dekat pantai.

Fasilitasnya masih minim, jadi bawa perlengkapan sendiri dari rumah termasuk keperluan logistik secukupnya saja. Jangan lupa untuk membawa kembali sampah Anda dan membuangnya pada tempatnya. Pantai Annora adalah tempat terbaik untuk backpacker.

5. Pulau Gosong

Tempat Wisata Karimun Jawafoto: https://www.instagram.com/britt.sukrisno/

Pulau Gosong adalah kawasan berikutnya yang wajib Anda kunjungi. Tempat wisata di Karimun Jawa ini memiliki ciri khas berupa pasir putih yang sangat menawan. Luasnya hanya 5 × 8 meter, tanpa ada pohon besar sebagai tempat berteduh.

Karena ketiadaan pepohonan, kawasan ini dinamakan Pulau Gosong. Banyak wisatawan setelah mengunjungi tempat ini akan membakar kulitnya akibat terik matahari. Tidak ada perjalanan khusus ke daerah ini. Wisatawan bisa berkunjung saat berwisata ke Central Island.

Tidak ada dermaga, jadi ketika Anda membawa kapal sendiri, usahakan mengikatnya cukup kuat. Ombaknya memang cukup kuat sehingga jika tidak diikat dengan erat, perahu kamu bisa ikut hanyut bersama ombak. Panorama bawah lautnya tidak kalah dengan tempat lain di Karimun Jawa.

Keindahan koral menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah ikan-ikan kecil yang terkadang bersembunyi di baliknya. Sisi lain dari tempat ini yang paling menarik adalah pagi hari. Datanglah sebelum matahari terbit. Pemandangan matahari terbit sangat indah. Anda harus mencoba.

Anda bisa berlibur ke sini tanpa repot dengan menggunakan program paket wisata Karimun Jawa. Karena bisa lebih irit dan bisa menjangkau destinasi terbaik di Karimunjawa.

6. Lapangan Karimun Jawa

Wisata Karimun Jawa Jeparafoto: https://www.instagram.com/zamzam_tour/

Nama Alun-Alun Karimun Jawa mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun tempat wisata di Karimun Jawa Jawa Tengah ini menyediakan apa yang Anda butuhkan saat malam hari.

Saat badan lelah menjelajah berbagai pulau, saatnya istirahat, ngobrol bareng teman dan menikmati sajian kuliner yang enak.

Makanan khas di Karimun Jawa adalah ikan, tidak ada lagi yang bisa kamu dapatkan selain menu ini. Di sinilah letak pusatnya, alun-alun tidak terlalu lebar. Namun, mulai jam 7 malam. Daerah ini sangat ramai seperti pasar. Banyak wisatawan yang datang berkunjung dan menikmati berbagai olahan masakan.

Semua jenis ikan dijual di sini. Dengan berbagai macam olahan mulai dari manis asam, goreng, bakar, ada kerang, cumi, lobster, baronang, ekor kuning, dan masih banyak lagi. Harganya pun tidak terlalu mahal, mulai dari hanya 40 ribuan saja.

Bahkan ada 200 ribu dengan ukuran jumbo untuk 5 sampai 6 orang. Padahal, banyak makanan khas Jepara yang disediakan di sini.

7. Pulau Geleang

Tempat bermain Java Karimunfoto: https://www.instagram.com/karimunjawatourprogram/

Meski termasuk pulau kecil, Geleang patut dikunjungi. Waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Daya tarik utamanya adalah pasir putih yang lembut dan halus. Luasnya hanya 3,5 hektar, namun pesona pohon kelapa dan pinus sayang untuk dilewatkan.

Di sini wisatawan juga bisa menikmati makan siang, terutama setelah selesai snorkeling. Dengan menu ikan segar bakar, ditambah dengan sambal pedas dan lalapan.

Meminumnya es kelapa, pasti sangat menyenangkan. Tempat ini juga menyediakan fasilitas area camping.

Untuk air bersih dan kamar mandi juga tersedia, jadi tidak perlu khawatir. Perairan disini cukup dangkal sehingga aman digunakan untuk bermain, terdapat juga ayunan yang bisa anda gunakan untuk bermain.

Ada juga spot memancing yang membuat tempat ini semakin asyik untuk dinikmati.

Saat menyelam harus berhati-hati dengan kedatangan ikan pari karena sengatnya cukup beracun dan akan membahayakan diri sendiri.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat musim kemarau, saat musim hujan ombak akan tinggi dan membahayakan keselamatan.

8. Pantai Ujung Gelam

daftar pantai di Karimun Jawafoto: https://www.instagram.com/wisatapuas/

Kawasan pantai lain di Karimunjawa yang patut Anda nikmati. Perjalanan ditempuh sekitar 20 – 40 menit dari Alun-Alun Karimunjawa.

Menggunakan kendaraan pribadi yang bisa Anda sewa. Pasir putihnya yang halus menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Fasilitasnya cukup lengkap, dengan ketersediaan warung. Menyajikan berbagai menu makanan dan minuman. Cobalah es kelapa muda yang dipetik langsung dari pohonnya. Terasa sangat segar saat diminum saat cuaca panas.

Ombaknya sangat tenang sehingga aman bagi yang ingin berenang. Suguhan terindah adalah sore hari. Dimana, kamu bisa menikmati pesona sunset. Sangat indah dengan pesona bebatuan yang terhampar luas di sekitar pantai.

9. Pulau Tengah

foto: https://www.instagram.com/batubatuisland/

Luas pulau kurang lebih 2 hektar, dari dermaga utama dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Di sini, terdapat dermaga sederhana dengan jembatan kayu yang memanjang. Fasilitasnya cukup lengkap. Ada kamar mandi, bangku, dan beberapa warung makan.

Dari sini, Anda bisa melihat pemandangan pulau kecil yang hanya berjarak 30 menit. Anda bisa merasakan keindahan pulau tengah dengan keberadaan pohon kelapa yang bisa Anda petik dan nikmati kesegarannya. Untuk berkeliling pulau dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

Snorkeling menjadi salah satu aktivitas wajib yang tidak boleh Anda lewatkan. Banyak ikan dan terumbu karang yang menarik dan menyenangkan untuk Anda saksikan. Tingkat visibilitas air sangat baik. Jadi, tak ada salahnya membawa kamera bawah air agar bisa mengabadikan setiap momen.

10. Pantai Barracuda

foto: https://www.instagram.com/topan_permana/

Tempat wisata terbaru di Karimun Jawa ini merupakan kawasan pantai terakhir yang kami rekomendasikan. Terletak di Pulau Kemujan dengan kebersihan yang sangat baik.

Pesona lain yang bisa Anda nikmati adalah areal pohon kelapa dan pemandangan perahu nelayan yang tampak hilir mudik.

Ada beberapa bebatuan cantik dan menarik yang dijadikan spot foto. Ombaknya tidak terlalu besar, jadi menarik untuk berenang.

Dari sini, Anda bisa menyaksikan pesona sunset, serta beberapa pulau seperti seruni, kecil, tengah, dan sambangan. Menyuguhkan panorama indah yang sayang untuk dilewatkan.

11. Pulau Sintok

Tempat wisata di Karimunjawafoto: https://www.instagram.com/inainu.id/

Berikut rekomendasi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Karimun Jawa. Di sini bentuk airnya seperti selat. Jadi, Anda bisa menikmati banyak terumbu karang dan ikan di sini. Luas areanya kurang lebih 12 hektar.

Keunggulan kawasan ini adalah tersedianya tumbuhan alami seperti cemara, jati pasir dan kalimasada. Ada juga dua pohon khas Karimun Jawa, yaitu Dewadaru dan Stigi. Untuk menginap bisa menggunakan tenda karena sudah tersedia tempat untuk camping.

Atau menginap di rumah kayu berbentuk limas buatan Grobogan pada tahun 1890. Spot snorkeling dan diving yang cukup menarik yaitu keberadaan penyu. Bahkan jika beruntung, Anda bisa ikut melepasliarkan penyu ke laut lepas hanya dengan membayar 5 ribu rupiah saja.

Baca juga -> 16 Tempat Wisata Terindah di Jepara

Tempat wisata di Karimun Jawa memang banyak dan menyenangkan. Bagi anda yang belum pernah kesini. Kami akan segera berkunjung. Tidak hanya pantai, dan dunia bawah laut. Namun, masih ada hutan bakau dan budaya Bugis yang asyik dinikmati.

Vlog untuk River Walk Boja yang Lebih Hits

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

DON'T MISS