Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits Terbaru 2020


Tempat Wisata di Purwakarta Yang Lagi Hits Terbaru 2020

Tempat wisata di Purwakarta sudah mulai banyak bermunculan. Mulai dari kampung wisata, curug, taman, hingga Gunung yang mempunyai pesona alam nan mengesankan. Tidak heran bila wilayah di Jawa Barat ini dijuluki sebagai Kota Pensiun atau Kota sejuta Impian.

Julukan ini diberikan bukan tanpa sebab. Hampir seluruh kawasan Purwakarta mempunyai kampung dan desa yang asri. Kebersihannya masih terjaga dengan baik. Kerukunan antar umat beragama dan masyarakatnya sendiri selalu menjunjung tinggi toleransi.

Nama Purwakarta sendiri terdiri dari dua kata. Purwa yang artinya adalah permulaan. Serta karta memiliki arti ramai atau hidup. Tidak salah banyak orang yang menyukai wilayah ini menikmati hari tua. Lalu, apa saja panorama wisata yang ada di Purwakarta? Mari simak penjelajahannya di bawah ini.

1. Waduk Jatiluhur

wisata di purwakartafoto: https://www.instagram.com/danielkho20/

Wisata di Purwakarta ini mempunyai luas 8300 hektar di bangun pada masa pemerintahan presiden Soekarno tahun 1957. Digunakan sebagai salah satu pembangkit listrik, budidaya ikan, irigasi, dan juga pariwisata yang menjanjikan keindahan.

Jangan lupa untuk bawa kamera karena, anda akan disuguhkan dengan pemandangan elok Gunung parang dan Tiga menara. Beberapa wahana permainan juga sudah tersedia disini. Mulai dari kano, perahu, jerski yang akan ditarik Rp100.000 untuk satu kali putaran.

Bila ingin merasakan kapal mewah seperti kapal pesiar, anda bisa menyewanya dengan harga Rp350.000/orang. Dengan kapasitas 30 orang, anda akan diajak untuk berkeliling danau. Jangan lupakan aktivitas memancing. Disini, banyak ikan yang melimpah bisa anda dapatkan.

Waktu terbaik untuk memancing adalah sore hari. Sekaligus melihat keindahan matahari terbenam yang tampak cantik. Terakhir, jangan lupa membeli oleh-oleh berupa souvenir atau juga beberapa kerajinan masyarakat sekitar. Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp10.000 sampai Rp20.000,-.

2. Jatiluhur Waterworld

objek wisata di purwakarta
foto: https://www.instagram.com/rrbuds_galery/

Masih berada di area waduk Jatiluhur. Anda bisa berkunjung ke area waterpark yang tidak kalah menyenangkannya. Bisa berenang sepuasnya dengan berbagai macam wahana tersedia di dalamnya. Untuk harga tiketnya mulai dari Rp35.000 sampai Rp 60.000.

Wisata Purwakarta ini sudah menyiapkan kolam anak yang berjumlah 3. Sudah dilengkapi dengan water slide dan ember tumpah yang membuat mereka semakin riang gembira. Bagi orang dewasa sudah disediakan kolam olympic dan air mancur untuk membilas diri.

Bila anda ingin merasakan sensasi seperti di pantai, tidak ada salahnya untuk datang ke Kolam ombak. Rasanya seperti di pantai lho. Mau memacu adrenalin yang lebih lagi? Coba saja, wahana water slide khusus dewasa. Dengan ketinggian 11,5 meter.

Ada juga ketinggian 43 meter dengan banyak belokan tajam. Dijamin anda akan berteriak dan ingin mengulanginya lagi. Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah hadirnya Gazebo, toilet, kamar bilas, dan kamar mandi. Bila lapar, anda bisa mengunjungi tempat makan yang ada disini.

3. Giri Tirta Kahuripan

obyek wisata di purwakartafoto: https://www.instagram.com/lenilenongky/

Objek wisata di Purwakarta ini terletak di Jalan Raya Wanayasa, Rt.04/Rw.13, Taringgul, Tonggoh, Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuknya sendiri mulai dari Rp25.000 sampai Rp125.000. Salah satu keunggulan dari tempat ini adalah Berenang di atas awan. Pesona perbukitan Purwakarta dan deretan pegunungannya bisa anda lihat jelas dari sini.

Bila malam hari, anda bisa melihat lampu-lampu bergelimang seperti bintang-bintang, cantik sekali. Aktivitas lain yang bisa anda nikmati adalah melihat satwa seperti kakak tua, merak, rusa timor, siamang, monyet, buaya muara. Puas melihat satwa yang ada disini, saatnya berkunjung ke kebun buah manggis.

Bagi anda yang ingin membawanya pulang. Anda harus mengeluarkan uang Rp20.000 per kilo. Tetapi, anda bisa memilih sendiri dan memetiknya langsung dari kebun. Fasilitas lain yang sudah disediakan oleh pihak pengelola adalah berkeliling ke semua area menggunakan mobil senyum. Mobil ini akan mengantarkan kemana tujuan kamu di sini.

Disini, juga sudah ada danau yang cukup luas. Anda bisa berkeliling menggunakan sepeda air yang sudah disediakan. Bila sudah puas, tidak ada salahnya melihat ikan Arapaima yang menjadi ikan terganas di dunia.

Fasilitas lain yang ditawarkan adalah kegiatan outbond. Seperti, flying fox, dan ATV yang sudah dipersiapkan medannya. Cukup terjal dan sulit, tetapi sangat menyenangkan, dan buat nagih.
Sebenarnya, tempat wisata di Purwakarta ini adalah sebuah penginapan yang dikonsep dengan cara berbeda. Sehingga, tidak heran bila terdapat beberapa kamar. Termasuk kelas dormitory dengan harga mulai dari 100 ribuan saja.

4. Kampung Sadang

wisata di purwakarta terbarufoto: https://www.instagram.com/gerd_mulleer/

Tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat ini memiliki luas kawasan kurang lebih 5 ha. Cocok digunakan untuk family gathering atau acara outbond lainnya. Terletak di Jalan Buana Indah, Desa Mulyamekar, Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Beberapa permainan sudah disediakan disini mulai dari ATV, animal farm, dan flying fox. Anda juga bisa menikmati sensasi berkeliling sungai menggunakan sepeda kayuh yang sudah disiapkan. Salah satu alasan mengapa anda harus pergi ke tempat ini adalah suasananya.

Cukup menarik dan sejuk dengan banyaknya pepohonan di sekitar. Kampung Sadang juga dikenal dengan festival of light yang diadakan lebih dari satu bulan. Lampu-lampu yang mengesankan tersebar di berbagai taman di sini. Menghadirkan panorama menakjubkan.

Terakhir, anda bisa berkemah bersama keluarga dengan fasilitas seperti toilet, kamar mandi, tempat ibadah sudah tersedia dan terawat dengan baik. Disini juga sudah tersedia cafe dan rumah makan. Dengan berbagai menu yang akan memanjakan anda. Untuk harga tiketnya Rp10.000,- untuk paket all in one sebesar Rp150.000,-.

5. Situ Wanayasa

wisata terbaru di purwakartafoto: https://www.instagram.com/dunia_landscapers/

Situ Wanayasa adalah sebuah danau yang mengesankan dengan panorama pepohonan pinus berjajar. Satu alat yang wajib anda bawa adalah kamera. Karena, banyak spot-spot menarik yang bisa kamu abadikan. Mulai dari jembatan yang menghubungkan dua pulau, sampai pemandangan elok gunung dan danau.

Bila anda datang bersama dengan kekasih hati. Tidak ada salahnya untuk menikmati sepeda air dan berkeliling berdua menikmati syahdunya suasana. Disini, anda juga disediakan fasilitas Hammock yang bisa disewa. Untuk harga tiketnya gratis.
Terletak di Jalan Raya Wanayasa, Purwakarta, Jawa barat.

Aktivitas lainnya yang bisa anda nikmati adalah memancing ikan yang konon melimpah. Lalu, jogging seperti yang dilakukan oleh beberapa warga yang mengunjungi tempat wisata di Purwakarta ini.

Datang juga ke –> 15 Tempat Wisata di Indramayu Terbaru

6. Gunung Parang

wisata alam di purwakartafoto: https://www.instagram.com/estpr/

Bagi anda yang menyukai wisata ekstrim dan berhubungan dengan alam. Gunung Parang adalah tempat yang tidak boleh anda tinggalkan. Menjadi destinasi favorit banyak wisatawan karena, mampu memacu adrenalin. Konon, tempat wisata di Purwakarta ini menjadi tebing yang tertinggi kedua di Asia.

Dengan ketinggiannya 963 Mdpl, mempunyai tiga jalur pendakian. Salah satunya, anda harus full memanjat tebing. Namanya adalah pendakian Ferrata dimana anda harus berjalan diatas tangga besi yang sudah disediakan. Dengan hembusan angin yang semakin menanjak, semakin kencang.

Ada tiga pilihan track yang bisa anda coba yaitu 250, 300 dan 900 Mdpl. Masih kurang? Tenang, Gunung ini menghadirkan adrenalin dengan mengunjungi puncak satu ke puncak dua dengan menggunakan tali yang sudah disediakan. Bila anda mempunyai penyakit jantung, disarankan tidak mencobanya.

Walau menuju ke puncaknya sangat sulit, Namun,pemandangan yang bisa anda nikmati benar-benar mempesona. Rasanya enggan untuk segera pergi. Terakhir, anda bisa merasakan sensasi menginap di hotel gantung yang tersedia disini. Harganya mulai dari 500 ribu rupiah lho.

Anda juga bisa menikmati sensasi makan siang atau makan malam diatas tebing. melihat pemandangan menakjubkan. Waktu paling tepat mengunjungi tempat ini adalah sore hari. Suasana romantis dengan matahari yang hendak turun dan langit yang berubah warna.

Untuk gunung parang sendiri anda akan dikenakan biaya simaksi Rp10.000. Di semua titik pendakian. Bagi yang ingin mendaki via Ferrata maka, siapkan biaya Rp200.000 sampai Rp300.000. Lengkap dengan perlengkapan keamanan, guide yang profesional.

7. Taman Air Sri Baduga

tempat wisata di purwakartafoto: https://www.instagram.com/ariirwansczah/

Letak objek wisata ini masih di kawasan Alun-Alun Purwakarta. Lebih tepatnya berada di Situ Buleud atau tempat penampungan air. Luasnya kurang lebih 4 hektar dengan pesona utama adalah air mancur menari. Untuk pertunjukannya dimulai pukul 19.30 dan 20,30 setiap weekend saja.

Selain menikmati spot ini, jangan lupakan kulineran sate maranggi yang tidak jauh dari air mancur. Cita rasanya menggugah selera dan cocok disantap saat malam hari. Jangan lupa membawa kamera ya. Ada beberapa spot foto menarik yang harus anda tangkap ke dalam kamera.

Di pagi hari, anda bisa menikmati keindahannya dengan berolahraga. Sudah ada jogging track yang bisa digunakan. Atau, hanya sekedar jalan santai saja. Sekaligus, menikmati keindahan matahari terbit yang memukau. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap mulai dari mushola, toilet, area khusus lansia, difabel dan ibu hamil.

8. Sumber Air Panas Ciracas

Spot wisata selanjutnya adalah Sumber Air Panas Ciracas. Terdapat dua kolam pemandian yang dipisah antara laki-laki dan perempuan. Ada bentuk kolam persegi panjang dengan ukuran 5×10 meter. Pemandangan alam yang mengesankan menjadi daya tarik utama tempat ini.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Untuk harga tiket masuknya seikhlasnya untuk biaya kebersihan saja. Konon, tempat ini sudah dibangun sejak masa penjajahan Belanda. Tergolong sebagai mata air purba.

Berendam di kolam air panas ini bisa menyembuhkan anda dari beberapa penyakit kulit. Karena, mengandung belerang yang cukup kuat. Gatal-gatal, rematik juga bisa sembuh dengan berendam disini.

9. Sentra Keramik Plered

wisata di purwakarta jawa baratfoto: https://www.instagram.com/florens_stories/

Tempat wisata di Purwakarta selanjutnya menghadirkan sentra kerajinan yang bisa anda bawa pulang dan jadi hiasan dirumah. Lokasinya terletak di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Konon, kerajinan yang ada disini sudah mendunia.

Produk unggulan yang ditawarkan ada gelas, vas bunga, kendi, celengan. Hasil kerajinan ini tidak hanya dikirim ke Asia saja. Melainkan, beberapa negara seperti Amerika serikat, Eropa, dan Inggris Raya. Untuk harganya sendiri beragam mulai dari 50 ribuan saja.

10. Masjid Agung Baing Yusuf

Masjid ini didirikan oleh Syekh Baing Yusuf pada tahun 1826. Beliau merupakan keturunan ke 24 Prabu Siliwangi. Awal pembangunannya hanya sebuah padepokan.

Kemudian, direnovasi hingga seperti sekarang ini. Dijadikan sebagai pusat penyebaran islam di Purwakarta.

Kunjungi juga –> 24 Makanan Khas Sukabumi Terbaru

11. Desa Sajuta Batu

tempat wisata di purwakarta jabarfoto: https://www.instagram.com/adjup_pry/

Tempat wisata di Purwakarta ini memang cukup unik Karena, sebagian besar wilayahnya ada bebatuan alam. Menghadirkan sebuah pola yang menarik untuk diabadikan. Lokasinya berada di Pesanggrahan, Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. Daya tarik dari desa ini adalah hadirnya pegunungan andesit.

Seperti Gunung Parang, ada juga Gunung Bongkok yang tingginya mencapai 975 Mdpl. Untuk bisa mencapai puncaknya hanya membutuhkan waktu 1 jam sampai 2 jam perjalananan. Memiliki dua puncak dengan pesona yang berbeda. Tetapi, pemandangannya cukup mengesankan.

Ada lagi Goa Bolong memiliki lebar dan tinggi tiga meter. Keunikan dari goa ini memiliki banyak jalur yang dijadikan sebagai goa. Sayangnya, tempat ini dijadikan sebagai tempat ritual. Jadi, sebelum berkunjung ke tempat ini. Tentukan terlebih dahulu, mau kemana.

12. Curug Tilu

air terjun di purwakartafoto: https://www.instagram.com/ukyandaresta/

Sebuah air terjun yang mempunyai aturan unik. Anda dilarang mandi pada hari selasa jam 12 siang sampai 1 siang. Konon, tempat ini terisolasi sejak 50 tahun yang lalu. Sejak waduk jatiluhur beroperasi, akses menuju ke Curug Tilu tertutup. Hingga, beberapa tahun lalu, aksesnya mulai dibuka kembali.

Lokasi kawasan ini terletak di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp,Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Untuk harga tiketnya hanya Rp5.000 saja. Keunikan yang bisa anda lihat adalah, aliran airnya yang turun melintasi bebatuan. Terdalam kolam dengan kedalaman 1 sampai 2 meter.

Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan panorama pegunungan di Purwakarta sekaligus. Ada Gunung Parang, Bongkok, Lembu, serta area persawahan yang syahdu dan tenang. Aktivitas lainnya yang bisa anda nikmati adalah lompat dari tebing menuju ke kolam. Semakin tinggi meloncat, semakin seru lho.

13. Bukit Panenjoan

wisata alam purwakartafoto: https://www.instagram.com/benkapp17/

Tempat wisata di Purwakarta ini menjadi pilihan lain yang bisa dikunjungi. Tempatnya sejuk, teduh, dan menenangkan.Berupa perbukitan yang dikelilingi perkebunan dengan luas mencapai 100 hektar. Nama Panenjoan sendiri dalam bahasa sunda artinya penglihatan.

Lokasinya terletak di Desa Sindang Panon, Kampung Cinangka, Kecamatan Bojong, kabupaten Purwakarta.Untuk harga tiketnya mulai dari Rp3.000 saja. Ada banyak fasilitas yang bisa anda nikmati disini. Diantaranya adalah spot foto, banyak tempat instagramable disini.

Seperti, sayap burung, bambu love, menara pandang, jembatan kayu yang mempunyai panjang 5 sampai 7 meter. Membentang dan melintang sepanjang perkebunan. dan spot sarang burung. Disini, anda bisa menyaksikan persawahan Gunung Sangga Buana, Perbukitan dan Waduk jatiluhur.

Ada beberapa saung yang sudah dibangun. Banyak wisatawan memanfaatkannya untuk duduk dan beristirahat. Terakhir anda bisa berziarah ke makam Syekh Daka. Tokoh masyarakat yang cukup terkenal dan dihormati di Purwakarta.

14. Mata Air Telaga Cisaladah

Letak tempat wisata di Purwakarta ini berada di kaki Gunung Burangrang. Tepatnya, di kampung ciparang, Desa Ganjarsari Cikalong wetan, Purwakarta, Jawa Barat. Konon sudah ada sejak tahun 1987. Berupa aliran mata air yang keluaran dari hamparan batu yang jumlahnya ratusan.

Nama Cisaladah diambil dari tanaman selada. Karena, dahulu di samping telaga ada banyak tanaman selada yang ditanam. dasar kolamnya buka keramik, melainkan rerumputan dan bebatuan. Mempunyai kedalaman 1,5 meter sampai 3 meter.

15. Taman Maya Datar

wisata terbaru di purwakartafoto: https://www.instagram.com/mannkhan_/

Taman ini terletak di Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Keunggulan dari tempat ini mempunyai beberapa spot instagramable. Mulai dari bunga-bunga yang berada di sekelilingnya. Ada juga patung macan putih yang merupakan sosok dari prabu siliwangi.

Suasananya benar-benar terkesan alami dengan beberapa pepohonan yang tumbuh. Terdapat beberapa fasilitas yang bisa anda manfaatkan seperti tempat ibadah yang dekat dengan taman. toiletnya cukup bersih. Serta berbagai macam makanan dan minuman khas Purwakarta.

Tempat ini tidak pernah sepi apalagi saat weekend. jangan lupa bawa kamera, karena spot-spotnya bisa dikatakan cocok untuk diabadikan ke dalam kamera. Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah sore hari sampai malam hari. Melihat syahdunya taman yang bergemerlap oleh lampu yang menghiasinya.

Datang juga ke –> 27 Makanan Khas Tasikmalaya Terbaru

16. Taman Pancawarna

wisata keluarga di purwakartafoto: https://www.instagram.com/ekarmila_/

Tidak jauh dari Taman Maya Datar ada pancawarna yang mempunyai pesona tak kalah eloknya. Menuju ke objek wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum. Setelah turun di terminal atau stasiun, anda bisa melanjutkannya menggunakan layanan ojek online.

Ada banyak bunga dengan warna yang elok mempesona. Anda dibuat terpukau dan enggan untuk beranjak. Nuansanya syahdu, apalagi kalau datang pada sore hari. Ada juga jembatan yang menghubungkan ke kantor bupati Purwakarta. Penataannya rapi dan layak untuk dijadikan sebagai foto latar belakang.

Disini, anda juga disuguhkan dengan berbagai menu makanan dengan cita rasa luar biasa. Terutama sate marangginya. inilah alasan mengapa banyak wisatawan menjadikan taman ini sebagai kunjungan pertama setelah tiba di stasiun atau terminal.

17. Gunung Lembu

tempat wisata di purwakarta jabarfoto: https://www.instagram.com/miqdama/

Gunung Lembu menjadi destinasi terakhir bagi anda pecinta alam yang suka ketinggian. Tingginya hanya 792 Mdpl saja, tetapi trek yang harus anda lalui tidak mudah, Cocok bagi anda yang sedang belajar mendaki. Pemandangan yang ditawarkan benar-benar menakjubkan dengan pesona waduk Jatiluhur yang terlihat cantik dari atas.

Menariknya lagi, di puncaknya anda akan menemukan makam Raden Surya Kencana yang konon dikeramatkan. Dan di puncak satu anda akan bertemu dengan makam Jonggrang Kalapitung. Untuk biaya simaksinya akan dikenakan Rp15.000 bagi pendaki yang menginap. Dan, Rp10.000 bagi pendaki yang langsung turun.

Pendakian terbaik adalah pukul 2 siang. Menuju ke atas membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam sampai 6 jam perjalanan. Tergantung bagaimana kecepatan anda berjalan. Disarankan untuk olahraga terlebih dahulu, karena banyak tanjakan yang cukup menguras tenaga anda.

Momen yang paling ditunggu disini adalah Sunset, Sunrise, dan pemandangan malam yang memanjakan mata. Bahkan, anda bisa melihat milky way bila beruntung. Disini, juga sudah tersedia beberapa warung yang bisa anda manfaatkan untuk membeli makanan dan minuman.

Anda juga bisa mengunjungi Batu Lembu. Kawasan favorit bila mengunjungi tempat wisata di Purwakarta ini. Nama lembu sendiri dalam bahasa Indonesia adalah sapi. Cobalah, anda lihat menggunakan drone dari atas, bentuknya seperti sapi.

18. Waduk Cirata

wisata purwakartafoto: https://www.instagram.com/pezpur8810/

Ternyata, di Purwakarta tidak hanya waduk Jatiluhur saja. Tetapi, ada juga Waduk Cirata yang menjadi tujuan terakhir kami. Nama tempat ini sendiri diambil dari singkatan tiga kabupaten, Cianjur, Bandung, dan Purwakarta. Luasnya sendiri mencapai 43 hektar.

Digunakan sebagai PLTA, ada juga yang memanfaatkannya untuk budidaya ikan jaring terapung. Anda yang hobi memancing, di tempat ini ada banyak spot yang bisa dipilih. Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah Sore hari. Pemandangan senja memang memukau dan membuat anda hanyut akan keindahannya.

Jangan lupa untuk menikmati berbagai menu kuliner yang disediakan beberapa warung. Olahan ikan yang dipadukan dengan cita rasa khas Sunda menjadi sajian yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Untuk harga makanan yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Mulai dari 20 ribuan saja, anda sudah bisa menikmati sajian yang luar biasa. Bumbunya sangat terasa sampai ke tulang-tulangnya.

Review Sebelumnya –> Daftar Wisata Majalengka Jawa Barat Populer

Tempat wisata di Purwakarta memang lengkap dan beragam. Dari waduk, gunung, sumber air panas, kegiatan rafting, curug. Dan masih banyak lagi yang bisa anda kunjungi. Cocok digunakan sebagai kota pilihan menghabiskan libur panjang sekolah atau hari raya.

Explore Telaga Sunyi Baturraden Yang Masih Sepi Banget

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

DON'T MISS